Membaca Buku bisa Semenyenangkan Main Games ? Berikut Tipsnya!

0

KabarUang.com, Jakarta – Saat ini minat membaca masih sangat kurang. Namun, saat ini anda bisa membaca buku semenyenangkan main games. Lewat video di Youtube, Channel Agus Bacakilat membagikan prinsip dasar dari membaca buku itu sendiri.

Beliau mengatakan alasan mengapa kita tidak bisa berkonsentrasi saat membaca buku yaitu kita tidak fokus. Misalnya kita sedang membaca buku namun pikiran kita sedang memikirkan hal yang lainnya. Hal itulah yang membuat kita tidak berkonsentrasi saat kita membaca. Berikut ini tips agar anda bisa membaca buku dengan fokus seperti anda sedang bermain games :

Punya tujuan yang jelas

Dalam membaca buku, bekerja atau melakukan hal apapun, anda harus mempunyai tujuan yang jelas. Artinya anda mengetahui apa yang akan anda lakukan serta dampaknya dalam kehidupan anda seperti apa. Prinsipnya kita memiliki otak dengan kapasitas yang luar biasa. Otak kita siap berkonsentrasi untuk melakukan hal apapun yang kita inginkan.

Baca Juga  Tips Atur Keuangan agar bisa Tunaikan Kurban Setiap Tahun

Contohnya seperti ini, saat kita bermain games, nonton film, atau melakukan hal yang kita sukai. Bukankah kita sangat berkonsentrasi melakukannya ? Nah, bedanya ketika anda melakukan hal yang anda sukai dengan anda membaca buku yaitu anda mendapatkan feedback yang cepat dari melakukan hal yang anda suka.

Sedangkan ketika anda membaca buku, efeknya tidak langsung instan. Butuh waktu yang lama untuk bisa menerapkan apa yang sudah anda baca. Untuk itu, anda harus punya tujuan yang jelas ketika anda membaca buku.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Menjalani Hari Esok!

Kitapun tidak mengganti otak kita ketika kita bermain games dengan otak games. Kita juga tidak mengganti otak kita dengan otak nonton film ketika kita ingin menonton film. Kitapun tidak mengganti otak kita dengan otak baca ketika kita ingin membaca bukan ? Artinya kita memiliki otak dengan konsentrasi yang sama.

Jadi, kita harus memiliki tujuan yang jelas saat kita membaca buku. Hal ini dibutuhkan agar kita fokus pada saat kita membaca.

Melatih Being Present

Being present artinya anda hadir sepenuhnya. Tubuh anda disini, otak anda disini. Anda membaca buku berarti otak anda harus siap menerima informasi dari apa yang anda baca. Hal ini harus kita latih. Pada saat anda membaca buku, matikan notifkasi handphone anda, buat silent mode. Sehingga anda bisa fokus dan menikmati apa yang sedang anda lakukan.

Baca Juga  Tips Seimbangkan Karir, Keluarga dan Diri Sendiri bagi Ibu Pekerja

Jadi, yang harus anda lakukan jika anda ingin fokus ada beberapa hal. Pertama, anda harus percaya bahwa anda memilliki kemampuan yang luar biasa. Kedua, anda harus memiliki tujuan yang jelas. Terakhir, anda harus melatih being present. Lakukan satu hal di satu waktu. Selamat mencoba!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here