Kuliah Sambil Bisnis ? Kenapa Enggak !

0

KabarUang.com, Jakarta – Saat ini mahasiswa sedang libur semester. Tapi, sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai. Banyak dari mahasiswa ini dihadapi dengan kenyataan besarnya biaya untuk memenuhi kebutuhan kuliah. Karena malu unutk meminta kepada orangtua, sebagian mahasiswa ini mencari pekerjaan sampingan atau berbisnis.

Banyak yang sudah niat mencari pekerjaan sampingan atau hendak berbisnis tapi modal menjadi penghalang. Namun tak perlu khawatir saat ini banyak bisnis yang tidak membutuhkan modal banyak. Menurut Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho, beliau mengatakan tak butuh banyak modal untuk berbisnis.

Baca Juga  OpenGov Asia Kini Berikan Penghargaan Inisiatif Agriculture 4.0 Untuk Kementan

Misalnya jadi driver online. Tentu kebanyakan mahasiswa sudah dibekali kendaraan oleh orang tuanya. Itu modal yang lebih dari cukup untuk mencari penghasilan tambahan.

“Jadi kalau yang saya perhatikan yang paling sederhana mereka nggak punya skill khusus, tapi tiap hari mereka bawa kendaraan biasanya gabung dengan ojek online atau taksi online,”ujar Andy Nugroho, dilansir detikfinance.com.

Beliau juga mengatakan bahwa berjualan online juga tidak membutuhkan modal yang besar, khususnya sebagai reseller, yakni menjual barang dari produsen tanpa harus membeli barang tersebut terlebih dahulu. Sederhananya dia hanya menjadi perantara antara produsen dan konsumen. Modalnya hanya kuota internet untuk memasarkan produk secara online.

Baca Juga  9 Kisah Sukses Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

“Reseller nggak nyetok barang sama sekali, barang tetap ada di produsen, kita cuma promosiin. Jasi bisa dibilang modalnya minim banger, modal kuota doang,”tambahnya.

Selain itu, bisnis yang sesuai dengan hobi juga tidak membutuhkan modal banyak. Misalnya fotografi. Tentu saja jika kita hobi fotografi kita sudah punya perlengkapan fotografi lengkap. Itu bisa menjadi modal utama kita dalam menjalani bisnis sampingan sebagai fotografer.

Baca Juga  Yuk Kenali Bahaya Mobil Yang Jarang Dicuci
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here