Kamu Merasa Gagal ? Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan!

0

KabarUang.com, Jakarta – Hari ini mungkin kamu merasa gagal. Entah kamu gagal dalam menyelesaikan sripsi, gagal interview kerja, gagal masuk perguruan tinggi yang kamu inginkan atau masih banyak lagi. Berikut ini hal yang harus kamu lakukan ketika kamu merasa gagal.

Ilustrasi via Rhimma

Startup pendidikan yang mengajari hal-hal yang tidak dipelajari sekolah konvensional, Channel Satu Persen, membagikan video motivasi ketika anda gagal. Di video tersebut, Iffandi Khainur Rahim mengatakan bahwa reaksi dari merasa gagal adalah sedih.

Disituasi ini kita jarang sekali melihat ada orang yang menyuruh kita untuk meluapkan kesedihan kita, banyak orang yang hanya memberikan saran yang positive. Tapi ternyata melepaskan energi negative seperti sedih itu diperlukan. Merasakan energi negative juga diperlukan untuk melepaskan energi negative.

Baca Juga  Sering Menunda-nunda Pekerjaan? Ini Dia Kebiasaan Meghan Markle Yang Bisa Ditiru

Hal yang harus kamu lakukan

Sedih boleh

Jika kamu merasa sedih, maka menangislah. Jika kamu merasa marah, maka luapkanlah amarahmu. Tapi ingat, jangan terlalu berlarut-larut. Beri deadline, jangan terlalu lama. Perlu kamu ingat bahwa sedih berkepanjangan tidak akan membawa kamu ke level selanjutnya dalam kehidupan.

Jadi, sedih itu diperbolehkan ketika kamu tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Cepat bangkit dan lanjutkan kehiduapan.

Jangan selalu melihat ke “atas”

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah jangan selalu melihat ke “atas”. Sesekali lihatlah ke samping atau ke bawah. Jangan membandingkan dirimu dengan orang yang sukses saja. Sesekali lihatlah seseorang yang juga merasakan hal yang sama dengan kamu-ke samping, atau bahkan lebih parah lagi-ke bawah.

Baca Juga  Ajak Mobil Main ke Pantai? Simak Tips Perawatannya

Hal ini berguna agar kita menyadari betapa beruntungnya kita di dunia ini. Pada intinya sadari bahwa masih banyak hal yang bisa kita syukuri. Dari sini pun kita bisa lebih aware bahwa waktu tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang suksesnya sekarang, ad ajuga orang yang suksesnya nanti.

Percaya akan sesuatu

Terakhir yang harus kamu lakukan adalah percaya akan sesuatu. Entah itu kamu percaya akan jalan Tuhan atau kamu percaya akan idealisme yang kamu punya atau apapun itu. Ketika kamu peraya akan takdir, percaya dengan masa depan kamu. Mau seterjal apapun jalan yang kamu lalui, sebanyak apapun kegagalan, kamu akan percaya bahwa jalan itu adalah jalan yang terbaik untuk kamu. Hal ini juga harus kamu lakukan agar kamu kuat menghadapi apa yang akan terjadi di masa depan.

Baca Juga  Lakukan Hal Ini Dijamin Bau Sepatu Hilang!
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here