Ini Dia Peran BI Untuk Dorong UMKM Go Internasional

0
Ilustrasi Ulos Sianipar via rekamindonesiaid

KabarUang.com, Jakarta – Sebagai wujud nyata Bank Indonesia atau yang disingkat dengan BI mendorong perekonomian Indonesia, BI juga tengah membantu pengembangan Usaha, Mikro Kecil dan Menengah atau yang disingkat dengan UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dan juga pemasarannya, supaya dikenal di pasar global.

Salah satu UMKM yang telah dibantu BI adalah Galeri Ulos Sianipar, Medan. Galeri milik Robert Maruli Tua Sianipar juga telah menjadi mitra binaan BI sejak dari tahun 2011.

Baca Juga  [Infografik] Data Tren Penurunan Tingkat Suku Bunga Bank Indonesia

Robert juga mengatakan, peran BI pada usaha dan juga mitra UMKM yang ada di Galeri Ulos Sianipar sangat besar. Bukan berupa untuk bantuan uang, tapi BI juga memberi pembinaan sampai Galeri Ulos Sianipar bisa memasarkan produknya kepada pelanggan.

“2011 saya diundang BI, BI kasih masukan dan inisiatif untuk menjadikan tenun sangat luar biasa. Saya tidak menerima uang dari BI, tapi BI bantuannya itu dengan menyediakan alat tenun, tempat, benang. Itu cara BI bina UMKM sampai mahir dan ikuti trend,” tuturnya seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  BI Meluncurkan Standar QR Code Bagaimana Cara Kerjanya?

Pada saat ini Galeri Ulos Sianipar memiliki sebanyak 180 karyawan dengan sekitar 50 UMKM yang bermitra dari produk makanan, tenun dan juga pada turunan lainnya. Semua produk tersebut bisa didapat di galeri maupun pembelian secara online.

Robert juga mengatakan, sebelum menjadi mitra binaan BI, penjualan galeri hanya mencapai Rp5 juta per hari atau Rp150 juta-Rp300 juta per bulan.

“Sekarang dari galeri rata-rata minimum Rp1,5 miliar per bulan. Di 2018 itu penjualan bisa Rp24 miliar, kita harapkan tahun ini bisa lebih,” ujarnya.

Baca Juga  BI Dukung UMKM Syariah Perluas Akses Pasar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here