Ini Dia 5 Kesalahan Yang Menjadi Kesalahan Termahal

0
Ilustrasi via unsplash/andreadoesfoto

KabarUang.com, Jakarta – Apakah Anda pernah keliru memesan tiket atau membeli barang yang salah dari toko? Kesalahan ini manusiawi dan dilakukan banyak orang. Namun tak semua kesalahan bisa dimaklumi bahkan cenderung menyisakan penyesalan di dalamnya. Berikut sejumlah kesalahan besar yang harus dibayar sangat mahal sepanjang sejarah.

1. AOL Membeli Time Warner

AOL membeli Time Warner pada 2000 dengan nilai total USD164 juta dalam bentuk saham. Saat itu, sebagian besar analis industri yakin perusahaan tersebut nilainya antara USD100 hingga USD110 juta.

Perusahaan berbasis internet itu berkembang pesat, dengan AOL menguasai pangsa pasar ISP. Namun bisnis dotcom mengalami crash pada 2001 sehingga AOL mengalami kerugian USD99 miliar pada 2002. 

Pada 2009, kedua perusahaan berpisah. Saat berpisah itu, AOL dihargai hanya USD1,8 miliar sementara Time Warner USD40 miliar. Ini membuktikan bahwa merger keduanya adalah kesalahan besar. 

Baca Juga  Mulai Turunnya Kepercayaan Investor Eropa Berbisnis di Indonesia Lagi

2. Tiket Lotere Dibuang

Sepasang suami istri di Inggris membuat kesalahan fatal pada 2010. Saat itu, sang istri dinyatakan sebagai pemenang untuk Euro Millions Lottery. Hadiah untuk pemenang lotere adalah sekitar USD181 juta, salah satu hadiah terbesar yang ditawarkan oleh lotere dalam sejarahnya. 

Sayangnya, suaminya malah membuang tiket lotere tersebut dan tidak menyadari mereka telah memenangkan jackpot. Jackpot pun tidak diklaim dan akhirnya hadiah tersebut diserahkan untuk amal.

Baca Juga  Wall Street Tengah Mixed Pasca Suku Bunga The Fed Dinyatakan Turun

3. Kesalahan Ketik di Bursa Efek Jepang

Perusahaan Jepang Mizuho Securities ingin menjual satu lembar saham seharga 610.000 yen atau sekitar Rp73 juta di Bursa Saham Tokyo. Tapi tampaknya pialang saham kurang tidur dan memasukkan data yang salah. 

Ia malah memasukkan data 610.000 lembar saham dijual seharga 1 yen. Terlepas dari protes perusahaan tersebut, Bursa Efek memproses pesanan itu yang mengakibatkan kerugian sebesar Rp3 triliun lebih.

4. Jatuhnya Bangunan Apartemen di China

Kompleks perumahan Lotus Riverside di Shanghai memiliki 11 gedung tinggi. Sampai suatu pagi, satu bangunan tiba-tiba runtuh. Untung saja tak ada korban dalam kejadian ini. Menurut penyelidikan kejadian itu disebabkan oleh standar konstruksi dan fondasi berkualitas rendah.

Baca Juga  Penipisan Ozon Dikabarkan Di Sebabkan Oleh China

5. NASA Kehilangan Satelit Penjelajah Mars

Mars Climate Orbiter dikembangkan oleh NASA (badan antariksa Amerika Serikat) untuk mempelajari iklim di Mars. Namun, karena kesalahan yang sepele, kontak dengan pesawat hilang saat berada di atmosfer. Diperkirakan, untuk mentransfer koordinat, salah seorang awak NASA menggunakan unit pengukuran metrik yang berbeda dari biasanya. Akibatnya, pesawat itu memasuki atmosfer Mars terlalu rendah dan hancur.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here