Impor China Dari AS Turun Sekitar 31% Imbas Dari Perang Tarif

0
Ilustrasi Impor via ceknricek com

KabarUang.com, Jakarta – Impor China dari Amerika Serikat dinyatakan merosot pada bulan Juni di tengah-tengah perang tarif dengan Washington, sementara untuk ekspor ke pasar Amerika melemah.

Impor barang-barang Amerika turun sekitar 31,4 persen dari angka tahun sebelumnya menjadi USD9,4 miliar, sementara ekspor ke pasar Amerika turun sebanyak 7,8 persen menjadi USD39,3 miliar, sebut data bea cukai pada hari Jumat. Surplus perdagangan China dengan Amerika Serikat melebar tiga persen menjadi sekitar USD29,9 miliar.

Baca Juga  Gudang Garam Punya Laba Rp2,36 Triliun Pada Kuartal I-2019

Perdagangan Amerika-China telah melemah sejak dari Presiden Donald Trump mulai menaikkan tarif pada tahun lalu terhadap berbagai produk dari China dalam perselisihan mengenai ambisi teknologi Beijing. China juga sudah membalas dengan menerapkan pajak tambahan serta memerintahkan para importir untuk mencari para pemasok non-Amerika.

Trump dan juga presiden China Xi Jinping sepakat pada bulan Juni lalu untuk memulai kembali perundingan. Ini juga sangat membantu menenangkan pasar keuangan yang gelisah tetapi para pakar menyatakan peredaan ketegangan itu rapuh karena kedua pihak masih berbeda pendapat akibat sejumlah konflik yang sama yang menyebabkan gagalnya pembicaraan pada bulan Mei lalu.

Baca Juga  Usai Mencetak Rekor Tertinggi Harga Emas Berjangka Turun

Para utusan perdagangan berbicara melalui telepon hari Selasa (8/7) dalam kontak pertama mereka sejak Trump dan juga Xi bertemu di Jepang, sebut Kementerian Perdagangan China. Kementerian itu tidak memberi rincian atau juga tanggal untuk kontak-kontak selanjutnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here