Cara-cara Screenshot di Komputer, Mudah dan Simpel!

0
ilustrasi via jalantikus com
ilustrasi via jalantikus com

KabarUang.com , Jakarta – Kalian pernah bingung bagaimana cara mengambil screenshot di komputer Windows? Atau kalian mungkin sudah pernah mencoba dengan menekan tombol Print Screen (PrtScr) tapi tidak terjadi apa-apa?

Buat yang sudah tahu, kalian juga mungkin belum tahu kalau masih ada banyak kombinasi dan metode lain untuk mengambil screenshot di komputer. Berikut adalah 7 cara screenshot di komputer yang mudah dan simpel menggunakan keyboard yang bisa kalian coba.

1. Menggunakan Tombol PrtScr

Dengan menggunakan metode ini seluruh bagian layar akan tertangkap dengan satu kali pencet. Caranya tekan tombol PrtScr yang biasanya ada di sisi kanan atas keyboard. Nantinya hasil screenshot akan tersimpan di clipboard dan kalian hanya perlu mem-paste-nya.

Baca Juga  8 Buah Ini Mampu Atasi Mata Panda, Yuk Simak Ulasannya

Untuk melihat hasilnya, buka aplikasi Paint dan salin screenshot yang baru diambil dengan tombol Ctrl+V. Setelah hasil terlihat di layar, kalian tinggal menyimpan gambar tersebut dengan klik gambar disket di sisi kiri atas.

2. Menggunakan Tombol Alt + PrtScr

Cara ini bisa kalian gunakan untuk mengambil screenshot hanya dari jendela yang sedang aktif. Caranya tekan tombol Alt dan PrtScr secara bersamaan.

Setelahnya, ulangi cara menyalin gambar dari clipboard di Microsoft Paint seperti di atas. Perlu diingat bahwa di beberapa komputer kalian mungkin harus memencet tombol Alt + Fn + PrtScr.

3. Menggunakan Tombol Windows + PrtScr

Baca Juga  Simak Tips Sukses Bisnis Kuliner dari Sang Pakar

Ini merupakan cara yang paling efisien dan cepat untuk mengambil screenshotdi komputer. Karena, kalian tidak perlu repot-repot menyalin gambar di Microsoft Paint. Tapi, perlu diingat bahwa metode ini hanya bisa digunakan di Windows 10.

Caranya dengan menekan tombol dengan logo Windows (yang berada di antara tombol Alt dan Ctrl) dan tombol PrtScr secara bersamaan hingga layar kalian berkedip. Setelah itu, untuk melihat hasil screenshot kalian bisa ke direktori C:Users[nama user]PicturesScreenshots.

4. Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Baca Juga  Ini Dia Cara Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget di Usia Perkembangannya

Dengan menekan kombinasi tombol ini layar komputer kalian akan terlihat berubah menjadi abu-abu dan kursor kalian berubah bentuk menjadi ikon plus. Kalian bisa memilih area spesifik di layar yang ingin diambil screenshot-nya dengan cara klik dan drag.

Screenshot dari area yang dipilih akan disalin ke clipboard. Untuk melihat hasilnya, kalian bisa menyalin gambar tersebut ke aplikasi Microsoft Paint seperti metode pertama dan kedua.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here