Banggar DPR Mendesak Rupiah Jadi Rp6.500/USD Pada Tahun 2020

0
Ilustrasi Anggota Banggar DPR RI John Kenedy Azis via keuangan co

KabarUang.com, Jakarta – Badan Anggaran atau yang disingkat dengan Banggar Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang telah menyetujui asumsi makro dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau yang disebut juga dengan RAPBN tahun 2020. Salah satu yang disetuji yakni nilai tukar Rupiah berada pada level angka Rp14.000 sampai Rp14.500 per USD.

Meski sudah disetujui, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR John Kenedy Azis ia meminta pemerintah supaya nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di tahun 2020 harus bisa mencapai level sekitar Rp6.500.

Baca Juga  CEO Renault, Bollore Akui Tidak Miliki Rencana Untuk Kurangi Saham Nissan

“Nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS pada 2020 diperkirakan pada kisaran Rp14.000-Rp14.500 per USD. Namun fraksi Partai Gerindra meminta pemerintah untuk optimistis bisa membuat nilai tukar rupiah menjadi Rp6.500 per dolar AS,” ujar dia Selasa (7/8/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Dia juga menuturkan bahwa Partai Gerindra ini menginginkan Pemerintah untuk menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat seperti pada masa kepemimpinan Presiden Habibie.

Baca Juga  Pemerintah Kini Tarik Investor KEK Dengan Tax Holiday

“Di mana kurs dapat berubah dari Rp16.600 per satu dolar AS, menjadi Rp6.500 per satu dolar AS,” kata dia seperti dikutip dari Okezone com.

Adapun juga beberapa faktor yang diperkirakan sangat berpengaruh terhadap pergerakan nilai tukar rupiah pada tahun 2020 sebesar Rp14.000 sampai Rp14.500.

“Antara lain risiko berlanjutnya trade war dampaknya pada volume perdagangan dan pertumbuhan ekonomi dunia, di tengah perlambatan ekonomi global seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Dorong Foreign Direct Investment Menteri Jonan Gandeng China
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here