Asosiasi Maskapai INACA Adukan Kemenhub ke Ombudsman, Menko Perekonomian Kesal

0
Ilustrasi Kemenhub Budi Karya Sumadi via liputan6.com

KabarUang.com, Jakarta – Asosiasi maskapai Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) keberatan dan mengadukan Kemenhub ke Ombudsman terkait kebijakan penurunan tarif batas atas tiket yang efektif berlaku sejak tanggal 15 Mei 2019.

Yang diadukan oleh INACA adalah dugaan maladministrasi pada penetapan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Baca Juga  Sekarang Kepala Desainer Yang Pergi Dari Apple Setelah Ditinggal Steve Jobs

Dalam aturan menteri tersebut ditetapkan penurutan tarif batas atas (TBA) sebesar 12 – 16 persen.

“INACA mengadukan ke Ombudsman dugaan mal administrasi terkit Kepmenhub 106 tahun 2019,” ungkap Alvien Lie, Anggota Ombudsman, seperti dikutip dari kompas.com, Selasa (16/07/19).

Menanggapi aduan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat dikonfirmasi oleh media tanggapi dengan nada kesal.

“Enak aja,” ujar Darmin dengan nada tinggi di kantornya, Senin (15/07/19).

Baca Juga  Wall Street Mulai Anjlok Imbas Dari Wacana Delisting Perusahaan China

Dari pihak Ombudsman, Alvien Lie menjelaskan bahwa jika benar terbukti ditemukan mal administrasi, maka keputusan tersebut bisa batal secara hukum.

“Kalau ternyata proses pembuatannya tidak sesuai peraturan perundang-undangan, peraturan tersebut bisa batal secara hukum. Tapi ini kan dugaan, kami harus mempelajari. Belum tentu dugaan itu terbukti,” jelasnya, seperti dikutip dari kumparan.com, Selasa (16/07/19).

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here