Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Sampai Asal Pilih!

0

KabarUang.com, Jakarta – Sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru, dimana para siswa SMK/SMK akan segera melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Kebanyakan dari mereka masih bingung dalam menentukan jurusan apa yang cocok untuk mereka. Channel Youtube Satu Persen membuat kamu tidak akan kebingungan lagi dalam memilih jurusan kuliah.

Ilustrasi via BeritaHati

Untuk itu, agar kamu tidak salah pilih, berikut tips memilih jurusan yang bisa kamu terapkan :

  1. You Have to Love What You Learn

Kunci pertama dalam memilih jurusan adalah kamu harus suka dengan apa yang akan kamu pelajari di kuliah nanti. Kalau kamu suka dengan mata kuliah itu kamu akan semangat belajar dan berprestasi di kuliah. Ini bisa jadi potensi kamu lebih berkembang di jurusan yang kamu pilih. Bukan cuma itu, kamu juga akan menikmati masa-masa kuliahmu ketika kamu menyukai apa yang kamu pelajari di masa kuliah.

Baca Juga  Bagaimana Nasib Chanel dan Fendi Sepeninggal Karl Lagerfeld?

2. You Have to Know What Will You Learn

Selanjutnya, kamu juga harus tahu secara detail apa yang akan kamu pelajari di perkuliahan nanti. Istilah “Tak Kenal Maka Tak Sayang” itu benar. Kamu tidak akan suka dengan jurusanmu kelak, ketika kamu tidak tahu apa yang akan kamu pelajari selama 4 tahun di masa perkuliahan.

Banyak mahasiswa yang memilih jurusan namun dia tidak tahu apa yang akan pelajari di masa perkuliahannya. Hal ini akan membuat kamu syok berat ketika kamu bertemu dengan mata kuliah yang tidak kamu inginkan. Jadi, sebelum memilih jurusan kuliah, pastikan kamu mengetahui apa yang akan kemu pelajari selama masa perkuliahan.

Baca Juga  Ingin Turunkan Berat Badan Saat Puasa? Ini Dia Caranya!

3. Do Your Research

Nah, setelah kamu mengetahui apa aja yang akan kamu pelajari di masa perkuliahan yang akan datang, kamu boleh mencoba untuk mempelajarinya. Saat ini banyak website yang menyediakan soal-soal tentang perkuliahan. Alangkah baiknya kamu mencoba mengerjakan. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui mata kuliah apa yang benar-benar kamu suka atau mata kuliah yang benar-benar kamu gak suka.

Bisa jadi ketika kamu mengerjakan sesuatu, kamu malah merasa apa yang kamu kerjakan membuat hidupmu semakin sulit karena kamu merasa kesulitan. Itu artinya kamu memang tidka menyukai bidang tersebut. You have to find what you love.

Nah, itu dia tips yang bisa kamu terapkan sebelum kamu memilih jurusan kuliah. Jangan sampai salah pilih ya. Selamat mencoba.

Baca Juga  Wisata Pilihan Berkunjung ke Candi Borobudur Waktu Pagi Buta

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here