Tidak Lama Lagi Perpres Mobil Listrik Akan Diterbitkan Kata PLN

0
Ilustrasi Mobil Listrik via ikons id

KabarUang.com, Jakarta – PT PLN (Persero) kini masih menunggu penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) sebagai payung hukum atas kebijakan pengembangan kendaraan listrik nasional.

Rencananya dari peraturan presiden yang terkait kebijakan kendaraan berlistrik tersebut juga akan segera diterbitkan.

”Perpres, Insya Allah sebentar lagi diterbitkan karena janjinya sudah akan ditandatangani. Informasi dari staf kepresidenan nggak lama lagi diterbitkan. Nggak lama lagi sudah ditandatangani,” ujar Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS di Jakarta, kemarin seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Desas-desus Peluncuran Mobil Listrik Indonesia

Menurut pendapat dia, perpres kendaraan listrik itu sangat penting sebagai landasan hukum untuk pengembangan listrik di dalam negeri. Pasalnya, PLN juga harus memperhitungkan pasokan sampai pembangunan infrastruktur, seperti stasiun penyedia listrik umum atau yang disingkat dengan SPLU ataupun infrastruktur pengisian listrik cepat atau yang disebut juga dengan fast charging secara nasional.

”Kalau dari sisi pasokan, kami sangat siap. Infrastruktur PLN juga siap, tinggal fast charging-nya saja. Kalau fast charging bisa dilakukan di mana saja,” kata dia seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Jamkrindo Imbau UMKM untuk Bayar Pinjaman

Dia juga mengatakan, fast charging sangat bisa dilakukan di rumah dan juga di perkantoran. Bahkan, PLN juga sudah menyediakan SPLU khususnya untuk di DKI Jakarta untuk mengakomodasi para pedagang kaki lima serta juga usaha mikro kecil dan menengah.

Tak hanya itu untuk mengakomodasi penggunaan kendaraan listrik, penyediaan fast charging juga bisa dilakukan dan bekerja sama juga dengan PT Pertamina (Persero). Nanti PLN bisa bersinergi dengan Pertamina untuk menyediakan fast charging di tiap SPBU nya.

Baca Juga  PT Marga Abhinaya Abadi Tbk Rugi Bersih Rp 88 M

”Kita akan menambah fasilitas charging-charging di tempat umum seperti bisa dilakukan di tempat parkir. Kita juga terbuka kolaborasi dengan Pertamina menyediakan SPLU maupun fast charging di SPBU,” kata dia seperti dikutip dari Okezone com.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here