Tahun Depan Bersiap-Siaplah Tarif Listrik Akan Naik-Turun

0
Ilustrasi Listrik via tirto id

KabarUang.com, Jakarta – Pemerintah kini sudah berencana akan segera menerapkan penyesuaian tarif tenaga listrik (TTL) pelanggan listrik nonsubsidi pada tahun 2020.

Penyesuaian tarif adjustment ini juga diterapkan berdasarkan indikator nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), inflasi dan juga formula harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP).

”Tahun depan itu akan kembali ke tarif adjustment . Pada 2020 itu akan kembali lagi,” ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridha Mulyana di Jakarta kemarin seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Tak Ada Lagi Masalah Di Tata Niaga, Harga Garam Tapi Tetap Anjlok

Ridha juga sudah memastikan untuk sepanjang tahun ini tidak ada lagi kenaikan tarif tenaga listrik, baik subsidi ataupun nonsubsidi. Hal itu juga sudah sesuai keputusan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

”Berdasarkan keputusan Pak Menteri tahun ini kan sudah diputuskan tidak ada kenaikan tarif. Penyesuaian tarif nonsubsidi diputuskan harus melalui izin Menteri ESDM,” katanya seperti dikutip dari Okezone com.

Menurut pendapat dia apabila tarif dasar listrik non subsidi nantinya disesuaikan kemungkinan akan dilakukan bertahap. Adapun dengan penyesuaian tarif listrik secara bertahap tersebut supaya tidak membebani masyarakat.

Baca Juga  Wall Street Bisa Melesat Dan Abaikan Potensi Resesi Ekonomi

”Kalaupun naik tidak sekaligus, tetapi dilakukan secara bertahap tiga bulanan. Dan tolong digarisbawahi kalau tarif adjustment itu bisa naik, bisa turun,” katanya seperti dikutip dari Okezone com.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here