Smelting Kini Akan Targetkan Produksi Konsentrat Tembaga Sebanyak 1,1 Juta Ton

0
Ilustrasi Konsentrat Tembaga via actual com

KabarUang.com, Jakarta – PT Smelting (PTS) kini menargetkan akan memproduksi konsentrat tembaga sebanyak 1,1 juta ton pada sepanjang tahun ini. Jumlah olahan itu juga nantinya lebih besar dibandingkan tahun lalu sebesar 900 ribu ton konsentrat tembaga.

”Dari produksi itu, kami telah berkontribusi pada negara dan khususnya di Jawa Timur. Kami juga sebagai penyumbang terbesar kedua untuk ekspor Jawa Timur,” kata Presiden Direktur PTS Hiroshi Kondo di lokasi pabrik smelter PTS di Gresik, Jawa Timur, Kamis (20/6) seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  3 Keuntungan Investasi di Pasar Modal

Menurut pendapat dia, produksi konsentrat yang diolah PTS juga diharapkan akan mampu menghasilkan 291 ribu ton katoda tembaga, lalu asam sulfat 1,04 juta ton, terak tembaga 805 ribu ton, kemudian gipsum 31 ribu ton, dan juga lumpur anoda 2.000 ton.

Sejumlah produk tersebut juga bisa digunakan untuk bahan baku industri pupuk, industri semen, perusahaan konstruksi, serta masih banyak lagi. ”Pasokan konsentrat tembaga dipasok dari Freeport dan Amman Mineral,” ujarnya seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Boeing Telah Rugi Rp41 Triliun di Kuartal II-2019 Imbas Dari 737 Max di Stop

Hiroshi yakin ke depan industri smelter kini juga akan tumbuh seiring adanya Revolusi Industri 4.0. Pasalnya, industri 4.0 akan meningkatkan kebutuhan katoda tembaga sebagai bahan bakunya.

Tak hanya itu, pihaknya juga sudah siap berkompetisi dengan investor lain jika ingin membangun smelter. Apalagi pemerintah melalui Kementerian Energi dan juga Sumber Daya Mineral atau yang disingkat dengan ESDM telah mewajibkan sejumlah perusahaan tambang untuk membangun smelter yang sesuai peraturan Undang-undang Mineral serta Batubara.

Baca Juga  Listrik Mati Berjam-jam, YLKI: Merugikan Semua Sektor Usaha

”Keberadaan aturan pemerintah memang ada sedikit kekhawatiran. Tapi, bagi Indonesia itu harus kita dukung. Kita juga siap untuk berkompetisi dengan pihak lain,” kata dia seperti dikutip dari Okezone com.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here