RI Bisa Tembus Pasar Cokelat Dunia Loh

0
Ilustrasi Cokelat via hellosehat com

KabarUang.com, Jakarta – Indonesia kini sudah berhasil menembus pasar cokelat dunia antara lain seperti ke Prancis, lalu Finlandia dan juga ke Jepang. Hal tersebut dilakukan juga oleh Koperasi Kerta Semaya Samaniya atau yang disingkat dengan KSS di Desa Nusasari, di Kabupaten Jembrana, kawasan Bali.

Koperasi ini juga tengah memproduksi kakao dari petani anggotanya di Bumi Mekepung yang telah mendapatkan pengakuan dari lembaga uji mutu setingkat internasional.

Baca Juga  Sebanyak Rp271,1 Triliun Untuk Uang Lebaran, BI Katakan Cek Dulu Keasliannya

Kakao fermentasi dari Jembrana ini juga sudah mendapatkan pengakuan “Cacao Of Excellence” yang diselenggarakan oleh Biodiversity International yang didukung juga oleh Salon Du Chocolat di Paris pada tahun 2017 silam.

Koperasi KSS ini kerap mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan juga UKM. Selain itu, koperasi juga sudah mengikuti program Kakao Lestari yang berujung diraihnya sertifikat UTZ pertama di Indonesia, yaitu oleh sertifikasi halal kakao yang berkelanjutan yang sudah diakui secara internasional.

Baca Juga  Indonesia - Kanada Berhasil Catat Hasil Positif Tentang Ekspor Dalam Trade and Private Sector Assistance
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here