Pemerintah Diminta Antisipasi Penurunan Proyeksi Pada Pertumbuhan Ekonomi Global

0
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi via marketing co id

KabarUang.com, Jakarta – Kalangan dunia usaha meminta pemerintah harus segera menyelaraskan berbagai kebijakan sebagai bentuk antisipasi penurunan pertumbuhan ekonomi global, yang diprediksi oleh Bank Dunia dari sekitar 2,9% menjadi di angka 2,6% pada tahun 2019 ini.

“Pemerintah harus membuat regulasi yang betul-betul dapat meningkatkan daya saing produk-produk dalam negeri. Negara-negara maju saat ini memasuki era proteksi pasar masing-masing, maka Indonesia harus meresponsnya dengan hal yang sama,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani, dikutip dari Okezone com, di Jakarta, Kamis (6/6/2019).

Baca Juga  Tengah Perlambatan Ekonomi Global Ini Dan Berusaha Mencari Cuan

Bank Dunia juga dalam laporan Global Economic Prospects edisi pada bulan Juni 2019, kembali memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global dari 2,9% turun menjadi sekitar 2,6%. Sejumlah kalangan menilaipun penurunan tersebut terkait dengan semakin memanasnya kejadian perang dagang antara Amerika Serikat dan juga China.

Akan tetapi, ekonomi Indonesia diperkirakan stabil di kisaran angka 5,2%. Menurut Hariyadi, dalam kondisi seperti ini juga masing-masing negara adidaya tersebut aktif melakukan proteksi terhadap pasar dalam negeri negaranya.

Baca Juga  Stabilitas Sistem Keuangan Kuartal II-2019 Diumumkan Sri Mulyani

“Amerika Serikat gencar mengenakan tarif produk-produk impor, sementara China berpikir keras bagaimana produk-produk mereka harus diekspor masuk ke pasar global,” ujarnya seperti dikutip dari Okezone com.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here