Pembukaan Perdagangan Saham Tahun 2019, IHSG Kini Diprediksi Akan Menguat

0
Ilustrasi IHSG via indopos co id

KabarUang.com, Jakarta – Perdagangan saham tahun 2019 akan segera dibuka pada hari ini. Pada pembukaan perdagangan pagi ini, Indeks Harga Saham Gabungan atau yang bisa disebut juga dengan IHSG, tengah diprediksi akan menguat di kisaran 6.260 sampai 6.300.

Seperti diketahui, penutupan IHSG di akhir tahun 2018 ini juga tengah mengalami penguatan ke level 6.194 . Penguatan ini merupakan fenomena window dressing yang biasa terjadi dari akhir tahun sampai awal tahun. Fenomena ini juga sudah dikaitkan dengan perombakan portfolio oleh manajer investasi sehingga nantinya sangat terlihat menarik bagi investor khususnya asing.

Baca Juga  IHSG Lanjutkan Penurunan Ke Angka 6.389 Dan Dibuka Melemah

“Saat bursa tutup nett buy asing tembus Rp857 miliar. Artinya kenaikan IHSG karena window dressing belum cerminkan faktor fundamental,” jelas Ekonom Indef Bhima Yudhistira kepada Okezone com, hari Rabu (2/1/2019).

Penguatan IHSG juga sudah dikatakan Bhima mengekor bursa saham AS Wall Street yang menguat setelah sebelumnya terkoreksi sangat cukup dalam. Investor kini mulai masuk setelah harga saham di AS dijual dalam posisi murah.

Baca Juga  IHSG Siang Ini Berada Di Kisaran 6.401

Dari dalam negeri, ada proyeksi inflasi tahun 2018 yang cukup rendah di bawah target yakni 3,5% yoy. Inflasi yang rendah ini juga menjadi daya tarik investor di saat yield surat berharga tinggi.

Selain itu, ada sinyal positif yang datang dari APBN yang ternyata sudah mencatat penerimaan negara 100% dari target dan juga defisit di bawah 2,19%.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here