Pedagang Makanan di Monas Mendulang Keuntung Saat Lebaran

0
ilustrasi via metro tempo co
ilustrasi via metro tempo co

KabarUang.com , Jakarta – Puluhan ribu pengunjung yang datang ke kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat membawa berkah tersendiri bagi pedagang makanan di Kawasan kuliner Lenggang Jakarta. Data pengelola Monas hingga Kamis (6/6) pukul 15.26 WIB, tercatat pengunjung Monas mencapai 24.611 orang.

Membludaknya pengunjung Monas di hari kedua lebaran itu dimanfaatkan oleh pedagang makanan untuk mengais rezeki. “Mie ayam 20, bakso juga 20,” ujar salah seorang pedagang perempuan berbaju kuning di Lenggang Jakarta.
Sejumlah pengunjung pun berbondong-bondong memenuhi rasa laparnya ke tempat ini.

Junita (34), seorang pedagang sibuk memasak pesanan dari para pengunjung yang terus berdatangan sambil sesekali melayani mereka yang hendak membayar.

Baca Juga  Pedagang Tanah Abang Kehilangan Omzet Hingga Rp75 M Gara-Gara Aksi 22 Mei

Junita mengaku kalau pendapatannya melonjak tajam daripada hari biasa. Bahkan, menurut dia, pendapatannya sudah dapat menutup modal.

“Alhamdulillah sudah lebih,” katanya.

Lenggang Jakarta beroperasi selama 14 jam yakni dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Tak hanya Junita, Fauzah (26) pedagang lainnya juga mengatakan hal yang sama. Perempuan asal Madura ini mengatakan tahun ini merupakan tahun kelimanya berdagang di area Lenggang Jakarta.

“Belum dihitung sih, tapi alhamdulillah. Kalau dibanding kemarin saat puasa, Alhamdulillah sekarang (pemasukan) naik,” jawabnya sembari tersenyum.

Baca Juga  Harga Minyak Sedang Naik Di Tengah Ketegangan Politik Venezuela

Berbeda dengan pedagang makanan. Pedagang souvenir di Lenggang Jakarta mengaku tak ada kenaikan pembeli pada lebaran ini.

Berlokasi tepat di sebelah para pedagang kuliner, banyak pengunjung masuk ke kios kuliner, namun, hanya melihat dan kemudian beranjak pergi.

Seorang pedagang kaos dan batik, Mega Suryana mengatakan, lokasi kiosnya mempengaruhi pendapatannya.

“(Pendapatan) jauh sama lebaran yang dulu, kalau sekarang agak jauh,” kata dia.

Mega menjajakan kaos bertuliskan ‘Jakarta Monas’ seharga Rp20 ribu. Kendati begitu, dirinya memberi diskon jika ada yang membeli lebih dari tiga pasang.

Baca Juga  Harga Minyak Mentah Dunia Menguat US$0,12 Menjadi US$72,18 per Barel

“Harganya, enam kaos Rp100 ribu. Satunya Rp20 ribu. Kalau 3 Rp50 ribu. Ada juga tiga kaos Rp100 ribu,” kata dia.
ya, pihak pengelola menargetkan 137.024 pengunjung.

“Kita target ada 137.024 orang masuk ke Tugu Monas. Sementara target per hari adalah 10.000 pengunjung,” tukas dia ketika ditemui di kantornya

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here