OJK Mulai Batasi Akses Data Digital Pribadi Pinjaman Online

0
Ilustrasi OJK via jarrak id

KabarUang.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan telah menegaskan bahwa mereka tetap akan membatasi akses data digital pribadi untuk fintech lending atau pinjaman online selama belum ada undang-undang (UU) perlindungan data pribadi yang bisa menjerat pelaku penyalahgunaan data terkait.

“Kami melihat bahwa kalau semua data digital pribadi bisa diakses dan belum ada UU yang bisa menjerat pelaku penyalahgunaan data ini, maka kami dari regulator khusus untuk fintech lending harus sangat mempertimbangkan mengenai relevansi peruntukkan data yang diakses oleh penyelenggara,” ujar Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK, Hendrikus Passagi dilansir dari Okezone com, Sabtu (15/6/2019).

Baca Juga  MNC Sekuritas dan Juga KSEI Kini Pecahkan Rekor MURI

OJK belum akan mengubah ketentuan yang mengatur fintech lending yang hanya bisa mengakses data tiga fitur yaitu kamera, lalu mikrofon, dan juga lokasi di gawai nasabah peminjamnya sampai munculnya undang-undang perlindungan data pribadi.

“Selama undang-undang ini belum ada, kami akan hentikan akses terhadap data pribadi di luar ketiga fitur tersebut. Tapi di sisi lain, sambil menunggu undang-undang tersebut hadir, kami mengajak Asosiasi Fintech Pendanaan, Badan Sandi dan Siber Negara serta Kemenkominfo untuk duduk bersama memikirkan langkah-langkah antisipasi yang memungkinkan dibukanya akses data pribadi sambil menunggu muncul undang-undang perlindungan data pribadi,” katanya seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Dinyatakan Jumlah Miliarder Tengah Anjlok Di Kawasan Asia-Pasifik

Sebelum hal tersebut terlaksana, lanjut Hendrikus, OJK kini lebih memilih cukup pada akses kamera, lalu mikrofon, dan juga lokasi saja.

“Ini juga yang membedakan antara fintech legal dan ilegal. Kalau ilegal pasti akan mengakses semua data pribadi nasabahnya, sedangkan fintech legal hanya mengakses fitur kamera, lokasi, dan mikrofon ponsel atau gawai nasabahnya,” kata Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK itu seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Harga Minyak Kian Melonjak Pada Tahun 2019 Ini
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here