Lima Tips Atur Gaji Bulanan Ala Kevin Hendrawan

0

KabarUang.com, Jakarta – Merasa gajimu selalu habis setiap bulan ? atau merasa uangmu habis di awal bulan sebelum semua kebutuhanmu terpenuhi ? Jika memang itu yang sering anda alami, lima tips atur gaji bulanan ala Kevin Hendrawan-Youtubers ini bisa anda lakukan setiap bulannya.

Ilustrasi via LineToday

Berikut tipsnya :

  1. Siapkan Anggaran
    Langkah awal yang harus anda lakukan adalah membuat anggaran setiap bulannya. Anggaran ini berupa kebutuhan pokok yang akan anda beli setiap bulannya. Contohnya seperti makan sehari-hari, transportasi, parkir, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk membuat daftar kebutuhan sekundermu seperti beli baju, servis motor, servis mobil, dan sedikit jatah liburan atau membeli sesuatu yang anda inginkan.
  2. Melunasi Hutang atau Cicilan
    Ketika anda mendapat gaji, hal pertama yang harus dilakukan adalah melunasi hutang atau cicilan anda. Namun, sebaiknya anda tidak memiliki cicilan atau anda boleh mencicil sesuatu yang memang akan anda perlukan di masa depan. Seperti menyicil rumah, atau kendaraan yang bisa anda gunakan setiap harinya.
  3. Siasati dengan 2 Rekening
    Fungsi dari dua rekening ini yaitu untuk anggaran dan tabungan. Rekening anggaran bisa anda isi dengan sejumlah uang yang sudah anda list di tahap pertama. Sedangkan rekening yang kedua digunakan untuk menabung. Sedikit apapun jumlahnya, usahakan untuk bisa menabung setiap bulannya. Karena jika kita tidak memaksakan kita tidak akan memiliki tabungan.
  4. Membandingkan anggaran dengan kenyataan
    Pada akhir bulan yang harus anda lakukan ialah membandingkan anggaran yang sudah dibuat dengan kenyataannya. Dari hasil ini anda bisa mengetahui apa yang benar-benar anda butuhkan. Selanjutnya ini juga bisa menjadi bahan evaluasi anda.
  5. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan
    Bagi sebagian orang hal ini adalah hal yang paling sulit. Terlebih jika anda bekerja di kota-kota besar atau bekerja di dalam sebuah mall. Hal ini dikarenakan godaan untuk berbelanja semakin besar. Anda boleh berbelanja, namun usahakan belilah apa-apa yang anda butuhkan. Kontrol keinginan untuk membeli barang yang tidak anda butuhkan.
Baca Juga  Investasi Masih Belum Optimal, Ekonomi Kuartal II Diperkirakan Akan Tumbuh 5,15%

Itulah lima tips dari Kevin Hendrawan yang bisa anda aplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan tips ini kita bisa lebih bijak dalam mengatur gaji yang didapatkan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here