Libur Kuliah ? Lakukan Hal Ini dan Buat Liburanmu Produktif

0

KabarUang.com, Jakarta – Setelah libur lebaran, para mahasiswa dan mahasiswi akan dihadapkan lagi dengan libur semester. Biasanya libur semesteran ini bukan hanya satu atau dua minggu saja, tapi bisa sampai berbulan-bulan. Untuk itu, kamu harus memiliki perencanaan untuk menghabiskan liburanmu agar tetap produktif.

Ilustrasi via Kudo co id

Berikut hal yang bisa kamu lakukan selama libur semester :

  1. Kompetisi
    Liburan semester yang panjang bisa kamu gunakan untuk mengikuti berbagai kompetisi yang ada. Kamu bisa memilih kompetisi sesuai dengan keahlian dan jurusanmu. Misalnya jika kamu suka menulis puisi, kamu bisa mengikuti kompetisi menulis puisi. Biasanya kompetisi tersebut diadakan secara online. Namun tidak memungkiri pula ada beberapa organisasi yang mengadakannya secara langsung. Ikutilah kompetisi yang bisa mengukur seberapa jauh kemampuanmu, sehingga kamu bisa melakukan evaluasi setelah kamu mengikuti kompetisi tersebut.
  2. Kursus
    Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mendaftarkan dirimu ke lembaga kursus. Pilihlah kursus sesuai kebutuhanmu untuk mengembangkan kemampuanmu. Misalnya saja seperti kursus bahasa, dengan ini kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasamu. Hal ini akan sangat berguna untuk masa depanmu. Selain itu kamu pun bisa menambah skill baru yang ingin kamu miliki dengan mengikuti kursus atau pelatihan.
  3. Magang
    Magang adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburan semestermu. Dengan mengikuti magang disebuah perusahaan, kamu akan memiliki pengalaman baru yang berguna untuk masa depanmu. Kamu juga akan memiliki banyak relasi baru yang suatu saat bisa membantumu dalam menemukan pekerjaan. Terlebih jika kamu berada di semester akhir kuliah. Magang ini sangat bermanfaat buatmu.
  4. Membangun bisnis
    Hal selanjutnya ialah membangun bisnis. Kamu boleh mencoba membangun bisnis yang ingin kamu jalani. Gunakan watu liburmu untuk merancang bisnismu, sehingga kamu bisa memiliki pengalaman serta penghasilan untuk mencukupi kebutuhanmu. Bisnis ini juga nantinya bisa menjadi pilihanmu setelah lulus kuliah kelak, jadi kamu tidak perlu bekerja setelah kuliah.
Baca Juga  Los Angeles dan San Fransisco Cetak Miliader Dunia Akibat Pertumbuhan Ekonomi Sangat Tinggi

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan selama libur semester. Jadikan liburanmu bermanfaat untuk dirimu sendiri. Selagi masih muda, gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here