Kementan Gelar Operasi Pasar Untuk Stabilkan Harga

0
Ilustrasi Kementan Gelar Operasi Pasar via fajar co id

KabarUang, Jakarta – Kementerian Pertanian langsung menggelar operasi pasar pada beberapa komoditas pangan di Toko Tani Indonesia Center ata yang disingkat dengan TTIC pada hari ini. Acara pelepasan operasi pasar ini juga dilakukan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan atau yang disingkat dengan BKP Agung Hendriadi.

Dalam sambutannya, Agung juga mengatakan jika operasi pasar ini juga dilakukan untuk menjaga agar harga pangan tetap stabil. Apalagi ini sudah sangat mendekati hari-hari lebaran yang mana pada biasanya harga komoditas pangan akan melonjak naik.

Baca Juga  Tengah Perlambatan Ekonomi Global Ini Dan Berusaha Mencari Cuan

Pada hari ini saja lanjut Agung, harga cabai dan juga bawang merah di beberapa pasar eceran di DKI mulai bergerak melonjak naik. Hal ini juga disebabkan karena terganggunya distribusi ke pasar-pasar. Pantauan harga dan juga pasokan di Pasar Induk Kramat Jati, Kamis (30/5/2019) meskipun pasokan masih normal tapi mulai ada pergerakan harga. Pasokan cabai rawit merah sebanyak 53 ton, cabai merah keriting sebanyak 39 ton dan juga bawang merah sebanyak 99 ton.

Baca Juga  Kemenkeu Asuransikan Sebanyak 1.862 Gedung Mulai Bulan Agustus

Sementara dari sisi harga, cabai rawit merah di pasar Induk Kramat Jati juga kini dijual dengan harga Rp13.000 per kilogram, cabai merah keriting juga sekitar Rp24.000 per kilogram, dan juga bawang merah sebesar Rp23.000 per kg.

Padahal harga pada saat ini di tingkat petani produsen diketahui masih terbilang normal, pantauan Kementan harga cabai rawit merah dan juga cabai merah keriting di Tuban Jawa Timur Rp6.000 per kilogram dan juga Rp13.000 per kilogram, sedangkan untuk bawang merah Brebes di Cirebon Rp20.000 per kilogram dan juga bawang merah batu di Kabupaten Bandung seharga Rp18.000 per kilogram.

Baca Juga  Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kini Tengah Dilakukan Pengeboran Tunnel Dan Rencananya Akan Rampung 2020
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here