Inflasi Bulan Juni 0,53%, Cabai Merah Pemicunya Menurut Survei BI

0
Ilustrasi via scoopnest com

KabarUang.com, Jakarta – Bank Indonesia sudah memperkirakan sampai Minggu ketiga bulan Juni 2019 terjadi inflasi yakni sebesar 0,53% (month to month/mtm). Hal tersebut berdasarkan Survei Pemantauan Harga atau yang disingkat dengan SPH yang dilakukan oleh BI.

“Survei pemantauan harga sampai Minggu ketiga, kami perkirakan pada Juni ini inflasinya turun menjadi 0,53% mtm dan secara tahunan 3,26%,” ujar Perry Warjiyo di Gedung BI, Jakarta, seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Berikut Tanggapan Perry Warjiyo Terhadap Ekonomi Indonesia 5 Tahun Mendatang

Dia juga sudah menuturkan penyumbang inflasi kali ini masih hampir sama seperti bulan kemarin. Yakni pada cabai merah, tarif angkutan baik antar kota, juga ada daging ayam serta beberapa bahan makanan lainnya.

“Tapi kalau lihat bawang putih, bawang putih sudah menurun ya tempo hari sekarang sudah turun ya. Jadi 0,53% mtm, 3,26% yoy,” kata dia seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  BI Dukung UMKM Syariah Perluas Akses Pasar

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik atau yang disingkat dengan BPS mencatat inflasi pada bulan Mei 2019 sebesar 0,68% (month to month/mtm). Inflasi ini juga dikatakan tinggi dari tingkat inflasi bulan sebelumnya yakni sebesar 0,44% mtm.

Peningkatan inflasi didorong juga kenaikan harga pada komoditas kelompok bahan makanan, kelompok makanan jadi, sampai kelompok transportasi, lalu komunikasi dan juga jasa keuangan. Hal ini dengan seiring meningkatnya permintaan pada bulan Ramadan.

Baca Juga  Menanti Pengumuman BPS, Inflasi Pada Bulan Agustus Diprediksi Di 0,2% Imbas Harga Cabai
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here