Hasil Audit Laporan Keuangan Garuda Yang Tak Sesuai Standar Akuntansi Ditemukan Kemenkeu

0
Ilustrasi Sekjen kemenkeu Hadiyanto via jurnalasia com

KabarUang.com, Jakarta – Kementerian Keuangan mengaku telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap Kantor Akuntan Publik atau yang disingkat dengan KAP, Tanubrata Sutanto Fahmi Bambang & Rekan atau yang menjadi Member of BDO Internasional terkait laporan keuangan pada tahun 2018 milik PT Garuda Indonesia (Persero).

KAP ini juga merupakan auditor untuk laporan keuangan emiten yang berkode saham GIIA yang menuai polemik. Sekertaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto juga telah mengatakan, berdasarkan hasil pertemuan dengan pihak KAP dan juga sudah disimpulkan adanya dugaan audit yang tidak sesuai dengan standar akuntansi.

Baca Juga  Pertumbuhan Uang Beredar Kini Sudah Tumbuh 6,2%

“Kesimpulannya ada dugaan yang berkaitan dengan pelaksanaan audit itu belum sepenuhnya mengikuti standar akuntansi yang berlaku,” ujarnya ditemui di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta,seperti dikutip dari Okezone com, Jumat (14/6/2019).

Kendati demikian, Kemenkeu juga masih belum bisa memberikan sanksi pada KAP tersebut, sebab masih perlu berkoordinasi dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan atau yang didingkat dengan OJK. Hal ini juga sekaligus mengingat Garuda Indonesia merupakan perusahaan terbuka atau tercatat di pasar modal Indonesia.

Baca Juga  Akibat Belum Lapor, Spekulasi Kinerja BUMN Mencuat

“Karena Garuda perusahaan publik, emiten yang terdaftar di pasar modal sehingga kita masih berkoordinasi dengan OJK,” kata dia seperti dikutip dari Okezone com.

Lain halnya, bila laporan keuangan itu yang bermasalah merupakan perusahaan pribadi atau private atau juga yang sahamnya tak dijual ke publik, maka Kemenkeu juga bisa langsung memberikan sanksi.

“Kita sudah banyak (perusahaan non emiten) yang langsung diberikan pembinaan, peringatan, sanksi tergantung level pelanggarannya. Kalau emiten harus ke OJK juga,” jelasnya seperti dikutip dari Okezone com

Baca Juga  Harga Tiket Pesawat Yang Mahal, Mengakibatkan Pergerakan Penerbangan Tidak Stabil
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here