Defisit APBN Kini Tembus Rp127 Triliun Pada Bulan Mei 2019

0
Ilustrasi Menteri Keuangan Sri Mulyani via setkab

KabarUang.com, Jakarta – Kementerian Keuangan atau (Kemenkeu) telah mencatatkan realisasi defisit Anggaran Penerimaan dan juga Belanja Negara atau yang disingkat dengan APBN sampai pada akhir bulan Mei 2019 yakni sebesar Rp127,5 triliun. Angka itu juga setara dengan 0,79% terhadap Produk Domestik Bruto atau yang disingkat dengan PDB.

Realisasi defisit ini juga tengah mengalami peningkatan bila dibandingkan periode yang sama tahun 2018. Di mana pada Mei 2018 defisit tercatat Rp93,5 triliun atau 0,63% terhadap PDB.

Baca Juga  Harga Cabai Merah Kian Melesat Akibat Kurang Pasokan

“Dibandingkan Mei tahun lalu memang defisit meningkat. Namun secara persentase semakin lebih rendah dari target APBN 2019 yang sebesar 1,84% dari PDB,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers di Gedung Kemenkeu, seperti dikutip dari Okezone com.

Keseimbangan primer pun juga sudah tercatat defisit sebesar Rp400 miliar, berbalik dari realisasi periode sama pada tahun lalu yang mengalami surplus sekitar Rp19 triliun.

Baca Juga  Destry Damayanti Diharapkan Bisa Membawa BI Lebih Adaptif Dan Juga Inovatif

“Tapi bila dibandingkan realisasi dari bulan-bulan lainnya di tahun ini maka defisit keseimbangan primer sudah mengalami penurunan,” tambah dia seperti dikutip dari Okezone com.

Dia juga menjelaskan, defisit APBN sampai pada bulan Mei 2019 itu terdiri dari pendapatan negara sekitar Rp728,5 triliun atau juga 33,6% dari target APBN tahun 2019. Angka ini tumbuh sebesar 6,2% dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2018 sekitar Rp686 triliun.

Baca Juga  Wall Street Kini Merosot di Tengah Kabar Laporan Laba Emiten
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here