BI Kini Proyeksikan Ekonomi Indonesia Tahun 2019 Akan Tumbuh Di Kisaran 5%-5,4%

0
Ilustrasi BI Onny Widjanarko Proyeksi Ekonomi Indonesia via medcom id

KabarUang.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) telah memprakirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 berada di bawah titik tengah di kisaran 5,0-5,4%. BI juga akan menempuh bauran kebijakan dengan Pemerintah, serta otoritas terkait untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II-2019 juga sudah diprakirakan melandai. Penurunan ini juga merupakan akibat dari kinerja ekspor yang turun.

“Eskalasi ketegangan hubungan dagang telah berdampak pada penurunan kinerja ekspor Indonesia akibat terbatasnya permintaan dunia dan turunnya harga komoditas, meskipun sejumlah komoditas seperti kimia, besi dan baja, batubara dan minyak nabati masih relatif baik,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (20/6/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Izin Impor Bawang Putih Dipersulit Seorang Menteri, Kata Bos Bulog

Investasi non bangunan ini juga belum meningkat signifikan dipicu dampak memperlambat ekspor, walaupun investasi bangunan tetap berlanjut.

Sementara itu, untuk konsumsi diprakirakan akan tetap baik didukung terjaganya daya beli dan juga keyakinan masyarakat. Permintaan domestik ini yang tumbuh terbatas mengakibatkan impor diprakirakan menurun. Ke depan, upaya untuk mendorong permintaan domestik masih sangat perlu ditingkatkan untuk memitigasi dampak dampak negatif yang ada pada perlambatan ekonomi dunia akibat ketegangan hubungan dagang.

Baca Juga  Destry Damayanti Diharapkan Bisa Membawa BI Lebih Adaptif Dan Juga Inovatif
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here