BI Kini Masih Tahan Suku Bunga Acuan Sekitar 6% Selama Pada 6 Bulan

0

KabarUang.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Dewan Gubernur atau yang disingkat dengan RDG yaitu pada 19-20 Juni 2019 memutuskan untuk bisa menahan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate. Dengan begitu, suku bunga acuan BI ini akan tetap berada di level 6%.

Ini yang menjadi bulan ke enam Bank Sentral menahan suku bunga acuannya di tahun 2019. Adapun juga suku bunga Deposit Facility (DF) tetap di level 5,25% dan juga Lending Facility (LF) pada level 6,75%.

Baca Juga  BI Meluncurkan Standar QR Code Bagaimana Cara Kerjanya?

“Dengan mempertimbangkan ekonomi global maupun domestik, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 19-20 Juni 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 6%,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (20/6/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Suku bunga acuan BI ini memang sudah dipertahankan di level 6% sejak pada bulan November tahun 2018, setelah mengalami kenaikan dikisaran 175 bps di sepanjang tahun lalu. Level terendah pada suku bunga acuan ada pada bulan Mei tahun 2018 sebesar 4,25%.

Baca Juga  Inflasi Bulan Juni 0,53%, Cabai Merah Pemicunya Menurut Survei BI

Sebelumnya, langkah Bank Sentral ini juga menahan suku bunga acuan ternyata tak sesuai dengan perkiraan, Karena sektor riil sudah mengharapkan BI bisa saja melonggarkan kebijakan moneternya.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) yaitu Bhima Yudistira menyebutkan, BI dimungkinkan juga akan memangkas suku bunga acuan 25 bps ke level 5,75%. Hal itu juga sangat diperlukan setelah dalam satu tahun terakhir Bank Sentral fokus pada stabilitas dengan pengetatan moneter.

Baca Juga  BI Gencar Sosialisasi Green Banking, CIMB Jadi Bank Pertama Terapkan Konsep Ini

“Sekarang saatnya pro sektor riil. Dengan bunga yang lebih rendah, cost of borrowing atau biaya peminjaman sektor usaha akan lebih ringan,” kata dia seperti dikutip dari Okezone com.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here