Berikut Penjelasan Dari Para Menteri Terkait Harga Tiket Pesawat Turun

0
ilustrasi via 2017-mv beritacenter com

KabarUang.com , Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan harga tiket pesawat low cost carrier atau LCC (maskapai berbiaya murah) untuk rute penerbangan domestik akan turun pada pekan depan.

Harga tiket pesawat ini bersamaan dengan langkah pemerintah dan operator bandara memberikan insentif kepada maskapai untuk menekan biaya operasional penerbangan mulai pekan depan.

“Untuk merespons harapan masyarakat, dan untuk menjaga keberlangsungan industri penerbangan, harga tiket domestik bakal dilakukan untuk penerbangan LCC domestik di jadwal penerbangan tertentu,” kata Darmin.

Dia menyatakan hal itu saat memimpin Rapat Koordinasi tentang Evaluasi Kebijakan Penurunan Tarif Angkutan Udara, di Gedung Ali Whardana, Lapangan Banteng, Jakarta.Darmin menjelaskan tingginya biaya operasional penerbangan membuat maskapai kesulitan untuk menurunkan harga tiket pesawat.

Baca Juga  Ternyata Dalang Lesu Sektor Pariwisata Karena Mahalnya Tiket Pesawat

Dia menyebut upaya pemerintah menurunkan biaya operasional penerbangan dan langkah maskapai memangkas harga harga tiket pesawat itu merupakan, “sharing pain.” “Ada beberapa langkah yang difinalisasi untuk membantu efisiensi biaya di industri penerbangan.

Itu menyangkut jasa persewaan, perawatan dan perbaikan pesawat udara, menyangkut jasa persewaan pesawat udara dari luar daerah pabean, menyangkut impor dan penyerahan pesawat udara dan suku cadangnya,” kata Darmin.

Baca Juga  Boeing Menjadi Salah Satu Peserta Dalam Paris Air Show. Pada Hari Pertama Pertunjukan, Boeing Mengumumkan Tidak Adanya Satu Pun Pesawatnya

Meski begitu, dia belum menjelaskan persentase penurunan harga tiket pesawat LCC rute domestik. Alasan Darmin, penurunan baru bisa diketahui setelah maskapai menerima berbagai insentif dan menghitung tarif yang bisa dikurangi.

“Seminggu dari sekarang akan disampaikan masing-masing penerbangan [soal penurunan harga tiket]. Tapi, [penurunan] akan diumumkan masing-masing maskapai untuk LCC domestik,” kata dia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, juga mengatakan kebijakan penurunan harga tiket pesawat untuk penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) sebaiknya dihitung secara rinci dan dipaparkan secara transparan.

Baca Juga  Ini Dia Sederetan Tugas Joko Widodo Jika Ia Lanjut Dua Periode

Ia mengatakan belum mendengar soal kebijakan penurunan tiket pesawat, namun, pihaknya menekankan akan membahas soal penurunan tiket pesawat dengan BUMN terkait.

“Baru hari ini akan kita bicarakan, saya belum dapat laporannya tapi kan kembali selalu saya tekankan bahwa tolong dihitung lah, kita transparan kok, dihitung cost kita seperti apa,” jelas dia di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN),

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
21

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here