Apa Itu Konsep Hidup Minimalis ? Bagaimana Cara Memulainya ?

0

KabarUang.com, Jakarta – Banyak orang yang salah mengartikan tentang konsep hidup minimalis, diantara mereka mengatakan bahwa hidup minimalis itu adalah konsep dimana anda hanya memiliki sedikit barang dan kebanyakan dari barang tersebut berkonsep black & white.

Ilustrasi via BecomingMinimalist

Nyatanya, jika kita mengutip dari the minimalist, “gaya hidup minimalis” itu bisa dikatakan sebagai “alat”. Alat untuk mengurangi hal-hal yang berlebih yang ada di hidup kita agar kita lebih fokus terhadap hal-hal yang lebih penting supaya kita lebih bahagia. Jadi, aspek hidup minimalis ini bisa anda terapkan di semua aspek kehidupan. Seperti kehidupan sosial, pekerjaan, dan sebagainya. Intinya hidup minimalis itu adalah sebuah konsep dimana anda hanya fokus pada hal-hal yang esensial.

Baca Juga  Dalam Ruangan Juga Bisa Polusi Udara, Yuk Kenali Tips Agar Terhindar dari Polusi Udara Dalam Rumah

Biasanya orang-orang memiliki banyak barang, yang sebagian dari barang itu nyatanya tidak pernah digunakan sama sekali. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan itu, namun jika barang-barang tersebut membuat anda merasa hidup anda terganggu, bahkan itu mempengaruhi terhadap kinerja anda. Artinya ada yang salah dengan cara anda mengelola barang tersebut.

Lalu ? Bagaimana cara memulai hidup minimalis ? Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk memulai hidup minimalis ialah dengan mengurangi barang-barang yang ada di hidup anda. Buang barang-barang anda yang rusak. Selanjutnya buang barang-barang yang jumlahnya banyak namun tidak terpakai. Contohnya seperti gelas, piring, atau mungkin baju. Terakhir, adalah evaluasi secara berkala. Misalnya setiap bulan anda analisis barang apa yang anda gunakan dalam sebulan, lalu lakukanlah evaluasi secara berkala.

Baca Juga  Ternyata Maudy Ayunda Lebih Suka Tampil Polos dan Wangi

Itulah ketiga cara yang bisa anda lakukan untuk memulai hidup minimalis. Dengan ini kita juga bisa mengurangi pengeluaran kita untuk tidak membeli barang apa yang memang tidak kita gunakan. Selamat mencoba.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here