6 Tips Membangun Kebiasaan Baru dari Anthony Robbin

0

KabarUang.com, Jakarta – Setaip orang memiliki kebiasaan. Orang sukses punya kebiasaan baik yang selalu dilakukan. Dalam buku “Awaken The Giant Within” karya Anthony Robbins menjelaskan bagaimana kebiasaan itu bisa dibangun. Teknik yang paling efektif dalam membangun kebiasaan ialah menggunakan NAC (Neuro-Associative Conditioning).

  1. Putuskan
    Hal pertama yang harus anda lakukan adalah putuskan. Maksudnya anda harus mulai memutuskan kebiasaan apa yang akan anda bangun. Para pakar mengatakan bahwa kebiasaan atau habit ini adalah pakaian. Jadi putuskanlah pakaian seperti apa yang akan anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan baik apa yang akan anda tanamkan atau kebiasan apa yang akan mengubah hidup anda lebih baik lagi. Anda harus membuat keputusan segera.
  2. Terapkan pain dan pleasure
    Pain yang artinya kesakitan atau sakit bisa disebut sebagai apa-apa yang bisa membuat diri anda merasa sakit. Sedangkan pleasure atau kesenangan adalah apa-apa yang bisa membuat anda senang.Misalnya ketika anda akan membuat suatu keputusan, anda harus memikirkan pain dan pleasure ini. Anda harus memikirkan apakah keputusan yang anda pilih akan berakhir bahagia atau malah sebaliknya. Jadi, pastikan untuk terapkan pain and pleasure dalam hidup anda. Inilah yang nantinya bisa meciptakan kebiasaan yang positif.
  3. Rusak pola yang menghambat
    Hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan adalah anda harus bisa memberikan sebuah makna pada apa yang anda lakukan. Untuk anda yang ingin memulai kebiasaan baru, anda harus berani untuk merusak pola kebiasaan yang lama. Misalnya anda ingin memiliki kebiasaan membaca buku. Nah, artinya anda harus melawan rasa malas ketika ingin membaca buku.
  4. Ciptakan alternatif baru
    Kebiasaan baru apa, perilaku baru apa, dan akuisisi kebiasaan yang baru. Bentuk satu kebiasaan baru, lakukan secara rutin. Setelah tercipta kebiasaan baru tersbeut, mulailah untuk membuat kebiasaan baru lainnya sebagai alternatif. Buat sebanyak-banyaknya kebiasaan baru yang positif.
  5. Kondisikan visualisasi
    Bayangkan kebiasaan baru yang akan anda bangun. Hal ini dilakukan karena dengan melakukan visualisasi otak kita tidak bisa membedakan mana yang terjadi secara visualisasi atau mana yang terjadi secara nyata. Maka dari itu, otak kita akan menganggap bahwa kebiasaan itu sudah kita tanam sejak lama.
  6. Uji coba diri anda
    Uji diri anda untuk selalu bertindak. Anda akan menhadapi tantangan yang tidak biasa anda lakukan, uji coba diri anda untuk menghadapinya. Terus berusaha meskipun banyak tantangan yang anda hadapi. Anda butuh waktu untuk bisa konsisten agar mendapatkan sebuah hasil.
Baca Juga  Agar Hidup Lebih Produktif, Stop Batasi Penggunaan Social Media Dengan Tips Ini

Itulah 6 langkah yang bisa anda terapkan dalam kehidupan anda jika anda ingin membangun kebiasan yang baru.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here