4 Cara untuk Meningkatkan Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Kehidupan

0
Ilustrasi via unsplash.com/ @hautier

KabarUang.com , Jakarta – Seringkali, pekerjaan kita tampaknya bisa menjadi preseden atas segala hal lain dalam hidup kita. Keinginan kita untuk sukses secara profesional dapat membuat kita melupakan kesejahteraan kita sendiri.Namun, menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang harmonis sangat penting untuk meningkatkan tidak hanya kesehatan fisik, emosional dan mental kita, tetapi juga kesehatan karier kita.

Chris Chancey, pakar karir dan CEO dari Amplio Recruiting, mengatakan memiliki keseimbangan antara kehidupan kerja yang baik memiliki banyak efek positif, termasuk meminimalkan stres dan kelelahan, dan mempromosikan kesejahteraan secara keseluruhan. Ini bermanfaat baik bagi karyawan maupun pengusaha.

“Karyawan yang pada umumnya sehat dapat lebih produktif, kehilangan lebih sedikit pekerjaan dan memiliki lebih sedikit pengeluaran terkait perawatan kesehatan,” kata Chancey. “Pengusaha yang berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang mendukung keseimbangan kehidupan kerja bagi karyawan mereka dapat menghemat biaya, mengalami lebih sedikit kasus ketidakhadiran, dan menikmati tenaga kerja yang lebih loyal dan produktif.”

Saat membuat keseimbangan kehidupan-kerja yang cocok untuk Anda, luangkan waktu untuk menilai kebutuhan Anda sendiri. Tidak semua keseimbangan kehidupan kerja semua orang terlihat sama, dan tidak semua orang membagi pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka secara langsung menjadi dua. Chancey mengatakan bahwa keseimbangan antara kehidupan kerja adalah tentang membagi waktu dalam pekerjaan Anda dengan kehidupan pribadi dengan lebih rapi dan lebih banyak tentang memiliki fleksibilitas untuk menyelesaikan pekerjaan dalam kehidupan profesional Anda sambil tetap memiliki waktu dan energi untuk benar-benar menikmati kehidupan pribadi Anda.

Baca Juga  Ingin Memulai Bisnis dari Kecil ? Ini Tipsnya

1.Terima bahwa tidak ada keseimbangan ‘sempurna’.

Ketika Anda mendengar “keseimbangan hidup-kerja”, Anda mungkin membayangkan memiliki hari yang sangat produktif di tempat kerja dan pergi lebih awal untuk menghabiskan setengah hari lainnya bersama teman dan keluarga. Meskipun ini mungkin tampak ideal, itu tidak selalu mungkin.

Jangan mengusahakan jadwal yang sempurna; berjuang untuk yang realistis. Beberapa hari, Anda mungkin lebih fokus pada pekerjaan, sementara yang lain Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu dan energi untuk mengejar hobi Anda atau menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai. Saldo tercapai seiring waktu, bukan setiap hari.

2.Temukan pekerjaan yang Anda sukai.

Meskipun pekerjaan adalah norma sosial yang diharapkan, karier Anda tidak boleh menahan. Bekerja bukan hanya cara menghasilkan uang; itu harus melayani Anda secara finansial dan emosional. Jika Anda membenci apa yang Anda lakukan, Anda tidak akan bahagia, polos dan sederhana. Anda tidak perlu mencintai setiap aspek pekerjaan Anda, tetapi itu harus cukup menarik sehingga Anda tidak takut bangun dari tempat tidur setiap pagi. Untuk keseimbangan kehidupan kerja yang terbaik, Monahan merekomendasikan untuk mencari pekerjaan yang membuat Anda begitu bergairah melakukannya secara gratis.

Baca Juga  Simak Tips Sukses Bisnis Kuliner dari Sang Pakar

“Jika pekerjaan Anda membuat Anda lelah, dan Anda kesulitan melakukan hal-hal yang Anda sukai di luar pekerjaan, ada sesuatu yang salah,” kata Monahan. “Anda mungkin bekerja di lingkungan beracun, untuk orang beracun, atau melakukan pekerjaan yang benar-benar tidak Anda sukai. Jika ini masalahnya, sekarang saatnya untuk mencari pekerjaan baru.”

3.Prioritaskan kesehatan Anda.

Kesehatan fisik, emosi, dan mental Anda secara keseluruhan harus menjadi perhatian utama Anda. Jika Anda bergumul dengan kecemasan atau depresi dan berpikir terapi akan menguntungkan Anda, sesuaikan sesi-sesi itu dengan jadwal Anda, bahkan jika Anda harus meninggalkan pekerjaan lebih awal atau meninggalkan kelas spin malam Anda. Jika Anda berjuang melawan penyakit kronis, jangan takut untuk memanggil sakit pada hari-hari yang sulit. Bekerja terlalu keras mencegah Anda menjadi lebih baik, mungkin menyebabkan Anda mengambil lebih banyak hari libur di masa depan.

Baca Juga  Hindari Jet Lag Saat Liburan Dengan Tips Berikut

4.Luangkan waktu untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai.

Meskipun pekerjaan Anda penting, itu seharusnya tidak menjadi seluruh hidup Anda. Anda seorang individu sebelum mengambil posisi ini, dan Anda harus memprioritaskan kegiatan atau hobi yang membuat Anda bahagia. Chancey mengatakan bahwa mencapai keseimbangan kehidupan kerja membutuhkan tindakan yang disengaja.

“Jika Anda tidak dengan tegas merencanakan waktu pribadi, Anda tidak akan pernah punya waktu untuk melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan,” kata Chancey. “Tidak peduli seberapa sibuk jadwalmu, kamu pada akhirnya memiliki kendali atas waktu dan hidupmu.”

Saat merencanakan waktu bersama orang yang Anda cintai, buat kalender untuk kencan romantis dan keluarga. Mungkin aneh untuk merencanakan satu-satu waktu dengan seseorang yang tinggal bersama Anda, tetapi itu akan memastikan bahwa Anda menghabiskan waktu berkualitas dengan mereka tanpa gangguan atau alasan. Hanya karena pekerjaan membuat Anda sibuk bukan berarti Anda harus mengabaikan hubungan pribadi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here