Tips & Trick Puasa Sehat ala Clarin Hayes

0

KabarUang.com, Jakarta – Jelang bulan Ramadhan dimana umat Islam harus berpuasa selama 30 hari, Clarin Hayes, dokter muda sekaligus Youtuber membagikan tips puasa sehat di akun Youtubenya. Berikut tips yang bisa anda lakukan untuk menjalani puasa sehat ala Clarin Hayes :

  1. Konsumsi sayur dan buah-buahan lebih banyak
    Puasa mengharuskan kita menahan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Untuk itu, kita bisa memilih makanan yang baik dan benar saat sahur. Pilihlah makanan sayur dan buah lebih banyak pada saat sahur. Serat yang terkandung dalam buah dan sayur akan bertahan lebih lama didalam tubuh, sehingga memberikan kita efek kenyang lebih lama. Namun, saat sahur anda juga harus memperhatikan jumlah makanan yang anda makan. Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan saat sahur, anda akan mengalami ngantuk saat menjalankan ibadah puasa.
  2. Metode 242
    Tubuh kita membutuhkan 8 gelas air putih dalam sehari. Ketika kita puasa, kita bisa menyiasatinya dengan metode 242 yakni 2 gelas air putih setelah sahur, 4 gelas air selama buka puasa hingga malam hari, dan 2 gelas air sebelum tidur. Dengan demikian, total 8 gelas air ini akan memenuhi kebutuhan cairan kita. Jadi, kita tidak akan merasakan dehidrasi.
  3. Tetap beraktivitas sepanjang hari
    Puasa bukan berarti kita harus malas-malasan. Justru, Clarin Hayes menatakan dalam videonya bahwa kita harus tetap beraktivitas. Alasannya karena tubuh kita memicu hormon adrenalin saat puasa, hormon ini membuat tubuh kita menjadi lebih segar dalam melakukan aktivitas. Hal inilah yang harus kita manfaatkan selama puasa.
  4. Olahraga ringan
    Selanjutnya tips sehat saat puasa yakni olahraga ringan. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ketika puasa ialah 1 jam sebelum berbuka. Hal ini dikarenakan setelah berolahraga tubuh akan kehilangan cairan dan cairan tersebut harus kita penuhi selama 1 hingga 2 jam.
  5. Berbuka puasa dengan air putih tidak dingin
    Hal selanjutnya adalah tips berbuka puasa. Saat berbuka, kita diharuskan untuk minum air putih sebanyak 2 gelas. Namun, perlu diperhatikan, air yang kita konsumsi haruslah air yang sesuai dengan kondisi tubuh kita. Misalnya air biasa atau air hangat. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap air yang suhunya lebih dingin dibanding suhu tubuh kita. Selanjutnya anda bisa mengkonsumsi kurma untuk mengembalikan stamina.
  6. Hindari makanan berlemak dan gorengan berlebihan
    Perlu diingat, ketika berbuka, ada baiknya hindari makanan berlemak dan gorengan secara berlebih. Karena makanan ini akan lebih sulit diserap oleh tubuh. Selain itu, makanan ini membuat organ pencernaan anda bekerja lebih berat.
  7. Hindari makanan asam dan pedas
    Selanjutnya hindari makanan asam dan pedas. Hal ini dikarenakan setelah berpuasa seharian, asam lambung yang sudah meningkat bisa semakin meningkat ketika anda mengkonsumsi makanan asam dan pedas, akhirnya membuat perut anda merasa kembung dan begah.
  8. Hindari minuman bersoda
    Terakhir adalah hindari minuman bersoda. Hal ini dikarenakan minuman bersoda dapat mengiritasi lambung dan gas karbonnya bisa membuat lambung tidak nyaman.
    Itulah tips puasa sehat selama bulan Ramadhan ala Clarin Hayes. Ada baiknya anda menerapkan semua tips ini agar anda sehat selama menjalani ibadah puasa.
Baca Juga  Pola Kosumsi Gizi Harian Yang Buruk Menjadi Dilema Penyebab Kematian Secara Global

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here