Sibuk Menerka Wajah Kehidupan Orang Lain Merupakan Tindakan Keliru Dalam Hidup

0
ilustrasi via bangka tribunnews com
ilustrasi via bangka tribunnews com

KabarUang.com, Jakarta – Menilai orang lain bahkan sampai menyangka seseorang yang tidak-tidak, tentu bukan perbuatan baik. Sibuk menerka wajah kehidupan orang lain sungguh merupakan tindakan keliru dalam hidup. Hati-hati, ketika prasangka telah bersemayam di dalam hati, maka kondisi hatimu akan menjadi keruh.

Prasangka tak akan membuat hatimu nyaman dan lapang, justru semakin kacau karena sibuk menelisik hidup orang lain. Ingat, setiap dari kita bertanggung jawab akan kehidupan yang kita jalani masing-masing. Karena itu jangan buang waktumu untuk sibuk menaruh perasaan buruk pada orang lain seolah diri sudah paling benar.

Ketahuilah, ada banyak efek buruk jika kamu memelihara prasangka di dalam dirimu. Berikut ini 5 efek buruk tersebut.

1.Selalu dihantui pikiran negatif tentang orang lain

Tidak bisa dipungkiri, seseorang yang selalu menaruh prasangka kepada orang lain maka pikirannya kerap berlaku negatif untuk orang lain, seolah orang lain selalu salah di matanya dan pantas diberikan predikat buruk. Padahal tidak begitu, prasangka pada hakikatnya hanyalah persepsi sepihak dari seseorang kepada orang lain yang kebenarannya belum pasti. Jadi masih sebatas menduga-duga. Jangan sampai karena memelihara prasangka, kamu bisa dengan mudah berlaku timpang kepada orang yang baru kamu kenal.

Baca Juga  Coklat Makanan Manis Favorit , Tapi Perlu Hati-hati Untuk Pengidap Penyakit Maag

2. Merasa diri paling suci

Orang yang suka memelihara prasangka pada orang lain cenderung merasa diri paling benar sendiri, alhasil ia akan menganggap orang-orang di sekitarnya merupakan makhluk tercela dan penuh dengan kesalahan. Hati-hati, merasa diri paling suci tentu membuatmu bisa terjerumus ke dalam penyakit senang berbangga diri, hal ini bisa membuatmu lupa untuk introspeksi.

Ketahuilah, pada dasarnya dalam hidup ini manusia tak lepas dari salah dan dosa. Untuk itu ketika seseorang sudah merasa dirinya suci dan paling baik di antara yang lain, maka hal itu adalah pertanda kemunduran serta jurang yang akan menyeretmu terkena penyakit sombong. Yuk kita berbenah diri.

3. Gampang mencela orang dengan fitnah

Ketika seseorang sudah termakan prasangka, maka ia akan dengan gampang mencela orang bahkan sampai melontarkan fitnah. Perlu diketahui, fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Fitnah dapat menyudutkan seseorang yang tadinya baik, lalu dituding berlaku buruk hingga akhirnya terjerumus ke dalam jeruji.

Fitnah tentu memecah belah antara satu sama lain, antar beberapa golongan dan kelompok, hingga mampu memecah belah bangsa. Dengan kata lain fitnah ibarat kobaran api yang sudah membumbung besar yang mulanya ditimbulkan dari percikan api kecil bernama prasangka. Yuk jauhi prasangka agar tak ada fitnah yang timbul setelahnya.

Baca Juga  Ini Dia Cara Pendiri Microsoft Bill Gates Menghabiskan Milyaran Uangnya Demi Memenuhi Kebutuhannya

4. Semakin banyak musuh

Jika di suatu pemukiman terdapat seseorang yang gemar sekali berprasangka buruk kepada orang-orang di sekitarnya, maka jangan heran jika perbuatannya itu membuat orang sekitar akan memusuhinya. Kerabat dekat seperti para tetangganya tentu akan mudah memutus tali silaturahmi dengan orang yang suka prasangka, apalagi jika dugaan yang dihembuskan merupakan hal sensitif yang tidak jelas kebenarannya.

Seseorang yang suka melakukan prasangka, tentu menjadi benalu di tengah masyarakat sebab dapat menjadi biang adu domba antar warga yang ujungnya dapat memicu perkelahian hingga tindakan main hakim sendiri. Untuk itu, jangan sampai kita terperosok untuk berperilaku seperti ini. Sungguh prasangka tak akan membawa kedamaian dalam hidup kita.

5. Mudah mendiskriminasi orang lain atau kelompok tanpa alasan yang jelas

Efek yang satu ini sangat berbahaya sekali kalau sampai terjadi padamu. Bayangkan, prasangka mampu menyulap seseorang bisa dengan mudah menyudutkan pihak tertentu tanpa mau tahu kebenaran di baliknya. Ini namanya mudah mendiskriminasi orang lain atau kelompok tertentu.

Baca Juga  Lifestyle Vegetarian Menjamur, Ternyata Ada 'Warteg' Vegetarian di Jakarta!

Ingatlah, menduga-duga ihwal aib orang lain adalah perbuatan buruk, jangan jadikan perilaku ini mendarah daging di dirimu. Ingat, setiap kita harus saling menghargai satu sama lain agar tercipta kerukunan dan kedamaian. Sebab, prasangka pada ujungnya membuat hidupmu tak nyaman dan memperbanyak musuh.

Demikianlah 5 efek buruk yang bisa menimpa seseorang jika suka berlaku prasangka pada orang lain. Yuk hidup dengan selalu berpikir positif dan buang jauh-jauh pikiran negatif dalam dirimu. Hidup hanya sekali, jadilah bermakna sebagai manusia sejati, jangan habiskan waktu dan energi kita untuk sibuk menduga-duga perbuatan orang lain yang sebenarnya tak perlu kita selidiki.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here