Sekarang Optimisme Para Pelaku Bisnis Jadi Semakin Rendah

0
Ilustrasi Bisnis via geotimes co id

KabarUang.com, Jakarta – Survei yang dilakukan oleh pihak Bank Indonesia (BI) soal konsumen dan juga mengenai Badan Pusat Statistik (BPS) serta soal bisnis menunjukkan pada dua hasil yang berbeda.

Dalam survei Konsumen Bank Indonesia pada bulan April 2019 mengindikasikan optimisme konsumen meningkat yang tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada bulan April 2019 sebesar 128,1 yang lebih tinggi dibandingkan lagi dengan 124,5 pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik atau yang disingkat dengan BPS melaporkan Indeks Tendensi Bisnis atau yang disingkat dengan ITB mencapai sebanyak 102,10 pada kuartal I-2019. Posisi ini juga turun apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang ada sebesar 106,28.

Baca Juga  Austraslia Tuntut Unit Lokal Samsung Korea Selatan Karena Promosikan Barang Dagangnya Tahan Air

Sementara, jika dibandingkan lagi dengan kuartal IV-2018, ITB tercatat ada sekitar 104,71.”Kondisi bisnis Kuartal I-2018 sebesar 102,10, namun optimisme pelaku bisnis lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya,” kata Kepala BPS Suhariyanto seperti dilansir dari okezone com.

Soal indeks optimisme dan juga konsumen, survei tersebut juga menyebutkan peningkatan itu didorong oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan juga akan segera membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, kata Departemen Komunikasi Bank Indonesia dalam info terbarunya.

Baca Juga  Siapa Tahu! Utang Luar Negeri Indonesia Capai 400 M Dollar AS

Dijelaskan juga pada Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) meningkat terutama ditopang oleh meningkatnya ekspektasi kegiatan dunia usaha enam bulan mendatang. Indeks Kondisi Ekonomi pada saat Ini juga tengah mengalami meningkat didukung oleh membaiknya persepsi terhadap penghasilan saat ini dan juga keyakinan untuk membeli barang tahan lama.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here