Pemerintah Harus Fokus Pada Pembangunan SDM Kata Menteri Bambang

0
Ilustrasi Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro via medcom id

KabarUang.com, Jakarta – Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) atau juga Kepala Bappenas yakni Bambang Brodjonegoro telah mengatakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau yang disingkat dengan RPJMN pada tahun 2020 sampai 2024, pemerintah seharusnya lebih fokus pada pembangunan sumber daya manusia atau yang disingkat dengan SDM. Setelah sebelummnya fokus pada pembangunan infrastruktur.

“Sehingga dalam RKP (rencana kerja pemerintah) tahun 2020, sebagai tahun pertama dari pelaksanaan RPJMN 2020-2024, mengambil tema kerja pemerintah yakni peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas,” ujarnya Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5/2019) seperti dikutip dari okezone com.

Baca Juga  JK Minta Indonesia Tiru Singapura, Untuk Berubah Jadi Negara Industri

Dia juga sudah mengatakan, untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia dan juga pertumbuhan ekonomi, maka terdapat lima prioritas dalam rancangan RKP 2020. Kelimanya yaitu rencananya akan pembangunan manusia dan juga pengentasan kemiskinan, lalu infrastruktur dan juga pemerataan wilayah, nilai tambah sektor riil, ada juga industrialisasi dan peningkatan kesempatan kerja, ketahanan air dan juga lingkungan hidup, serta ada juga stabilitas pertahanan dan juga keamanan negara.

Baca Juga  Masih Ada Keluarga Korban Lion Air Belum Terima Ganti Rugi

Bambang sudah menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur tetap akan dilakukan karena itu merupakan salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi, akan tetapi kuncinya berada pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Ini sesuai arahan Bapak Presiden (Joko Widodo) yakni kuncinya sumber daya manusia yang berkulitas dan berdaya saing, terdidik, terampil, sehat dan produktif, selain itu juga yang berinovasi dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini menjadi salah satu strategi dalam setiap program prioritas,” jelas dia seperti dikutip dari okezone com.

Baca Juga  Instititute for Energy Economics and Financial Analys Nilai PLN Tengah Alami Kesulitan Finansial
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here