Lebih Murah, Pakaian Impor China Serbu Indonesia, Termasuk Baju Koko Menjelang Lebaran

0
Ilustrasi impor via smlines.com

KabarUang.com, Jakarta – Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menanggapi maraknya pakaian impor asal China di Indonesia. Jumlahnya bertambah saat Ramdhan hingga menjelang Lebaran.

API mengungkapkan bahwa pemicu banyaknya pakaian asal China yang menyerbu Indonesia adalah harga pakaian dari China bisa lebih murah 10 – 20% dibanding pakaian buatan lokal Indonesia.

Pemicu lain adalah perang dagang yang terus memanas antara China dan Amerika Serikat. Dampaknya China mencari pasar lain untuk produknya, dan salah satu pasar yang paling menjanjikan adalah Indonesia.

Baca Juga  Pemerintah Terus Genjot UMKM agar Terus Meningkat

Karakter konsumen di Indonesia yang selalu menginginkan harga murah tapi kualitas tetap baik menjadi peluang yang cepat diambil oleh eksportir di China.

Produk yang impoer dari China termasuk baju koko, margin yang cukup menjanjikan membuat pakaian ramadhan dan lebaran ini banyak didatangkan dari China.

Jika hal ini dibiarkan akan mematikan UKM lokal Indonesia. Perbedaan harga membuat importir Indonesia lebih memilih membeli barang dari China dibanding membeli dari pengusaha lokal.

Baca Juga  Konsumsi Impor Migas Jadi Masalah Utama Defisit Negara
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here