9 Tips Berkendara Nyaman dan Aman Saat Mudik Lebaran

0
Ilustrasi Mudik Lebaran via medcom id

KabarUang.com, Jakarta – Lebaran sebentar lagi, persiapan mudik sudah mulai disiapkan, mulai dari cuti, service kendaraan, belanja oleh-oleh lebaran, dan sebagainya.

Banyak alternatif moda transportasi yang bisa digunakan untuk tiba tepat waktu hingga dapat merayakan hari raya lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Mulai dari pesawat udara, kapal laut, kereta, bus, mobil pribadi maupun motor. Jika menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor bersama keluarga, ada baiknya anda mempersiapkan dengan baik perjalanan anda agar dapat tiba dengan selamat dan tetap nyaman selama perjalanan.

Berikut 9 tips berkendara nyaman dan aman saat mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi:

1. Urus Izin atau Cuti dari Tempat Kerja Jika Melebihi Cuti Bersama Yang Ditetapkan Pemerintah.

Jika anda akan berada lebih lama di kampung halaman, siapkan terlebih dahulu izin atau cuti tambahan di tempat kerja anda agar anda dapat lebih tenang dan nyaman menikmati waktu berkumpul bersama keluarga anda di kampung halaman.

Baca Juga  Usai Lebaran, Ada Baiknya Lihat Kembali Sisa Dana Untuk 'Bertahan Hidup'

2. Siapkan Alokasi Dana Khusus Untuk Perjalanan Pulang dan Pergi Anda Termasuk Biaya Service Kendaraan Sebelum Berangkat

Alokasikan dana khusus untuk digunakan mempersiapkan dan selama perjalanan anda agar perjalanan anda tetap lancar. Bawa uang tunai secukupnya demi keamanan sesuai perhitungan anggaran perjalanan yang telah anda siapkan.

3. Ikuti Update Terbaru Informasi Mudik Dari Pemerintah

Ikuti informasi dari pemerintah terkait aturan dan standard berkendara saat mudik. Hal ini disebabkan tiap tahun ada pengaturan atau regulasi baru yang dicanangkan untuk memperlancar arus mudik dan balik lebaran.

Contoh pemberlakuan sistem Ganjil Genap di pelabuhan penyeberangan Merak. Cara lain yang dapat anda gunakan untuk update info terbaru mudik dari warganet adalah mengikuti hastag #infomudik via twitter.

4. Persiapkan Kondisi Kendaraan

Melakukan pengecekan kondisi kendaraan serta service sebelum berkendara jarak jauh adalah hal yang wajib anda lakukan. Keselamatan anda dan keluarga merupakan hal no 1 yang harus menjadi prioritas anda.

Baca Juga  Puncak Arus Balik Lebaran, Permintaan Avtur Naik 11.9 Persen

Cek kondisi kendaraan anda, mulai dari kondisi oli, ban, rem, lampu-lampu, serta bagian lain dari kendaraan agar dipastikan fit untuk digunakan berkendara saat mudik nanti.

5. Kondisi Pengendara Harus FIT

Selain kendaraan, yang harus dipersiapkan untuk menempuh perjalanan jauh adalah kondisi pengendara. Pastikan kondisi kesehatan dalam kondisi fit, hindari kegiatan yang dapat menurunkan kondisi tubuh anda menjelang mudik seperti begadang.

6. Sesuaikan Jumlah Penumpang dan Barang Sesuai Kapasitas Kendaraan

Jumlah penumpang dan barang bawaan yang melebihi kapasitas standard beban serta ukuran kendaraan dapat memicu terjadinya kecelakaan.

Jika anda menggunakan kendaraan bermotor, hal ini menjadi sesuatu yang harus anda pertimbangkan sebaik mungkin. Bawalah barang yang masuk kategori primer saja, packing se-efektif mungkin agar tidak mengganggu anda berkendara.

Jumlah penumpang jika melebihi kapasitas aman untuk motor, ada baiknya sebagian anggota keluarga menggunakan moda transportasi lain seperti bus atau kereta.

Jika barang anda cukup banyak, anda dapat menggunakan jasa pengiriman, hingga anda tidak terganggu lagi saat berkendara.

Baca Juga  Investasi Yang Ada Di Luar Jawa Sudah Ada Rp85,8 Triliun

7. Bawa Bekal Makanan dan Minuman

Siapkan bekal makanan dan minuman selama perjalanan, hingga anda dapat beristirahat dimana saja selama perjalanan.

8. Dapatkan Informasi Rest Area Mudik di Rute Perjalanan Anda

Dapatkan informasi titik-titik rest area agar anda dapat memperhitungkan perjalanan anda serta waktu yang tepat untuk beristirahat.

9. Cek Google Map Untuk Mengetahui Kondisi Jalan Yang Akan Anda Lalui

Secara berkala cek jalur rute anda menggunakan google map agar anda dapat memutuskan mengambil jalur alternatif segera jika jalan yang akan anda lalui didepan mengalami kemacetan yang panjang.

Demikian 9 Tips berkendara saat mudik lebaran dari tim KabarUang.com. Selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara dan mengatur kecepatan serta jarak aman kendaraan selama perjalanan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here