Wisata Kepulauan Seribu Jadi Semakin Mempesona Sekarang

0
Ilustrasi Kepulauan Seribu via inovasee com
KabarUang.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau yang disebut juga PUPR, membangun sejumlah infrastruktur untuk segera mendukung destinasi pariwisata unggulan Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota atau yang disebut juga DKI Jakarta sebagai salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau juga disebut “Bali Baru” yang dikembangkan Pemerintah.

Kawasan berupa gugusan pulau itu juga yang terletak di utara Teluk Jakarta ini kini lebih nyaman dan juga rapi. Menteri PUPR yakni Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur untuk mendukung KSPN telah direncanakan secara terpadu.

“Pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur yang disusun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah,” jelas Menteri Basuki beberapa waktu lalu seperti dikuip dari okezone com

Baca Juga  Jokowi Kaji Akan Bentuk Lembaga Baru Untuk Komandoi Transportasi Jabodetabek

Pada tahun 2017 sampai 2018, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya telah membelanjakan anggaran ada sebesar Rp36,16 miliar untuk pengembangan daerah penyangga di KSPN Kepulauan Seribu di dua Pulau yakni Pulau Tidung dan juga Pulau Untung Jawa.

Lingkup pekerjaan yang dilakukan yaitu pembangunan Taman Arsa, Taman Sakura, dan juga Jalan Gertak Mangrove/ Jembatan Pengantin di Pulau Untung Jawa. Sementara untuk di Pulau Tidung telah dibangun fasilitas Foodcourt, lalu Gazebo dan juga Pusat Souvenir. Anggaran tersebut juga mencakup pembangunan sarana sanitasi.

Baca Juga  BEM Sukseskan Program Pertanian

Selain bagi kenyamanan wisatawan, Kementerian PUPR juga telah membangun sejumlah infrastruktur bagi warga di pulau seribu, yaitu pembangunan IPAL Komunal (2017), peningkatan kualitas air bersih di Pulau Seribu dai tahun 2016 sampai tahun 2018, penyediaan prasarana TPA,TPS, dan juga TPS-3R (2016-2018) dan pembangunan rumah tapak sebanyak 50 unit (2017).

Pada tahun 2018 sampai 2019 tengah diselesaikan pembangunan pelindung pantai Pulau Pramuka, Bidadari, dan Harapan, lalu pembangunan IPAL di Pulau Bidadari, pembangunan Sanitasi dan juga Limbah dari tahun 2017 sampai 2019, pembangunan Prasarana Umum dan juga Utilitas Rumah Umum Pulau Pramuka (2018-2019), serta Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dari tahun 2017 sampai 2019).

Baca Juga  Kementerian ESDM Menyebutkan Ada Transaksi Neraca Batu Bara Tidak Melapor

Penataan kawasan wisata Kepulauan Seribu mendapat apresiasi positif dari para wisatawan yang berkunjung. Salah satunya disampaikan pemilik akun instagram jihangitanur pada saat tengah memposting fotonya di Pulau Tidung pada bulan Desember 2018 lalu. 

“Ga usah jauh-jauh ke luar negeri kalau di Indonesia aja udah berasa kaya di luar negeri,” ajaknya seperti dikuip dari okezone com
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here