Warga Korsel Terpukau Lihat Pertunjukan Wayang Kulit Ki Anom Suroto

0
Ilustrasi Wayang Kulit via wayangku id
KabarUang.com, Jakarta – Bisa menikmati pertunjukan wayang kulit pada saat berkunjung ke negeri orang, tentu saja sangat bisa jadi kebanggaan tersendiri. Meski wayang kulit merupakan pertunjukan seni asal Jawa Tengah, ternyata pertunjukan ini juga sangat disukai oleh masyarakat di Korea Selatan. Saat ditampilkan di Auditorium Seoul Institute of the Arts (SIA) pada hari Kamis, 4 April 2019 lalu, tak disangka, pertunjukan ini juga menarik perhatian masyarakat Korea Selatan.

Pilihan lakon Ramayana, yakni berlikunya drama pembuatan tambak yang menghubungkan Samudra Hindia yang membelah kerajaan Rama yaitu Pancawati dan juga Kerajaan Rahwana di mana Dewi Shinta ditawan yaitu Alengka, bertajuk Rama Tambak, kini menjadi magnet dalam pertunjukan Wayang Kulit yang dimainkan oleh Maestro Dalang Ki Anom Suroto.

Baca Juga  Melestarikan Budaya Batak Dengan Cara Pesta Rakyat

Ratusan penonton memadati auditorium yang berkapasitas 300 orang tersebut. Mereka bahkan rela duduk di bibir dan juga sisi belakang panggung. Tak jarang mereka tampak termanggu dan juga malah ikut tergelak dengan berbagai candaan dalam lakon yang dimainkan sang dalang yang kini di terjemahkan ke dalam bahasa Korea di layar salah satu di sisi panggung..

“Kami sangat senang dengan adanya workshop dan pentas wayang kulit di kampus kami. Kami sendiri telah mempelajari mengenai gamelan, sejarah wayang kulit dan mengadakan riset mengenai hal tersebut oleh beberapa dosen kami sejak tiga tahun lalu,” tutur Dekan Hubungan Eksternal SIA Prof. Kim Jiyon, seperti dikutip dari viva co id

Komentar lainnya dari Rektor SIA, Prof. Duk Hyung-Yoo. “Saya sangat senang dengan pementasan ini dan dukungan KBRI Seoul selama ini. Selama 57 tahun, kampus kami berusaha mengeksplorasi seni dengan tujuan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para mahasiswa untuk mempelajari aliran seni dari dalam dan luar Korea,” tuturnya seperti dikutip dari viva co id
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here