Saudi Aramco Siap Untuk Kalahkan Apple

0
Ilustrasi Saudi Aramco via livemint com
KabarUang.com, Jakarta – Saudi Aramco kini akan jadi perusahaan yang paling menguntungkan di dunia dengan menggeser Apple dan juga pada sejumlah perusahaan besar lainnya. Perusahaan ini membukukan keuntungan sebesar USD111 miliar tahun lalu, menurut catatan lembaga pemeringkat Moody’s.

Data tersebut juga sudah berdasarkan prospektus untuk penawaran obligasi Aramco yang diperkirakan digunakan untuk mendanai pembelian sekitar 70% saham Saudi Basic Industries Corporation (Sabic).

Berikut kumpulan fakta yang telah dirangkum oleh Okezone com mengenai Saudi Aramco yang kalahkan Apple, pada hari Senin (8/4/2019):

1. Saudi Aramco Jadi Perusahaan Paling Untung Di Dunia

Baca Juga  Pertumbuhan Bisnis Travel via Online Sepanjang Tahun 2018 Naik 260%

Titel sebagai perusahaan dengan keuntungan terbesar di dunia dan sanggup kalahkan Apple. Saudi Aramco kini diketahui merupakan perusahaan paling menguntungkan secara global pada tahun 2018 setelah BUMN Arab Saudi tersebut juga mengumumkan laporan keuangan resminya untuk pertama kali. Pengumuman ini juga sudah terkait dengan rencana aksi korporasi Saudi Aramco yang akan dilakukan pada tahun 2019 dan juga pada tahun-tahun mendatang.

2. Saudi Aramco Raup Untung Rp1,554 Triliun

Saudi Aramco mampu meraup laba ada sebesar USD111 miliar atau setara dengan Rp1.554 triliun sepanjang 2018. Laba perusahaan minyak asal Arab Saudi ini mengalahkan perusahaan Apple sebagai perusahaan paling menguntungkan di dunia pada saat itu.

Baca Juga  Jokowi Segera Panggil Freeport soal Rumahkan Karyawan

3. Perbandingan Laba Saudi Aramco Dan Apple

Apple juga diceritakan menghasilkan laba sebesar USD59,53 miliar pada tahun 2018. Saudi Aramco juga menghasilkan lebih banyak uang dari JP Morgan Chase, Google, lalu dari Facebook dan juga Exxon Mobil. Secara keseluruhan, perusahaan-perusahaan itu menghasilkan hampir ada sebesar USD106 miliar pada tahun 2018. Laba ini jelas masih kalah dengan Saudi Aramco yang untung sebesar USD111 miliar.

4. Pemasok Minyak Terbesar Di Dunia

Aramco pada saat ini merupakan pemasok minyak terbesar di dunia dan juga sudah memiliki akses eksklusif pada hampir semua cadangan hidrokarbon Saudi yang melimpah dan juga pada salah satu yang terbesar di dunia.

Baca Juga  Kini Mobil Listrik Dijual Secara Online

5. Rencana Peluncuran IPO Aramco Pada 2021

Menteri Energi Saudi Khalid Al Falih menjelaskan bahwa nantinya negara Arab Saudi berencana meluncurkan IPO Aramco pada 2021. Para pejabat Saudi sebelumnya mengungkapkan penjualan ada sekitar 5% saham Aramco dapat juga mengumpulkan dana sebesar USD100 miliar yang dapat digunakan untuk membiayai Visi pada 2030, cetak biru untuk bentuk ekonomi Saudi pada dekade mendatang.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here