Rumah Kreatif Karawang Sudah Diresmikan Menteri Rini untuk Dorong Pengembangan UMKM

0
Ilustrasi via Spirit news co id

KabarUang.com, Karawang – Rumah Kreatif Karawang (RKK) sudah diresmikan oleh Menteri Rini dan Perum Peruri pada Selasa, (9/4) di Jalan Raya Teluk Jambe, Kabupaten Karawang. Peresmian Rumah Kreatif ini dilakukan una mendorong kemandirian serta pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Didirikannya RKK ini dengan tujuan untuk mendampingi serta membina para pelaku UMKM agar bisa mengelola usahanya. Pengelolaan yang baik itu bisa dikatakan dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya, mengelola keuangan, permodalan, segmentasi, serta menetukan target pasar yang tepat, mengelola proses produksi dengan baik hingga total quality management.
Saat ini salah satu UMKM yang sedang berkembang ialah UMKM kopi yang dibuat oleh generasi milenial.
“Di Karawang karena daerahnya Perusi, jadi saya minta Peruri bangun Rumah Kreatif di sini. Potensinya besar sekali, kita lagi dorong untuk kopi ya, apalagi sekarang UMKM kopi dari milenial,”ujar Menteri Rini dalam sambutannya meresmikan Rumah Kreatif Karawang (RKK) dilansir dari antaranews.com.
Beliau juga memaparkan bahwa kedepannya RKK bisa digunakan sebagai tempat untuk para pelaku UMKM berdiskusi dan mengembangkan ide agar nantinya UMKM tersebut bisa menjadi UMKM yang berkualitas.
Saat ini tercatat bahwa BUMN sudah mendirikan sebanyak 210 Rumah Kreatif yang tersebar di berbagai wilayah kota/kabupaten Indonesia. Namun, khusus di Karawang yang memiliki Kawasan Produksi Peruri, dengan ini BUMN memiliki andil untuk membangun Rumah Kreatif.
“Guna mendorong pelaku UMKM untuk ‘go modern, go digital, go online’, RKK telah menjalin sinergi dengan dengan beberapa BUMN lainnya dalam hal pemusatan data dan aktivitas pembinaan mitra binaan UMN di Rumah Kreatif Karawang,”ujar Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya.
BUMN yang sudah bekerjasama dengan RKK yakni Pertamina, Telkom, Mandiri, Pos Indonesia, BRI, BNI, BTN, serta Pupuk Indonesia Holding Company.
RKK sendiri terbagi menjadi beberapa zonasi, yakni zona showcase, sona analisis data UMKM, zona regisrasi, zona konsultasi dan quality control, zona belajar snediri, zona sigitalisasi dan e-commerce serta zona belajar dan berbagi.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Rupiah berpeluang menguat? Ini kata Darmin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here