Ini Dia David Malpass Yang Kini Menjabat Jadi Bos Bank Dunia

0
2
Ilustrasi David Malpass via npr org
KabarUang.com, Jakarta – Dewan Eksekutif Bank Dunia (World Bank) dengan lantang dan suara bulat nya telah menunjuk David R. Malpass sebagai Presiden Grup Bank Dunia yang baru. Malpass yang akan memimpin institusi keuangan global itu diberi waktu untuk masa jabatannya yakni selama 5 tahun ke depan.

Malpass juga merupakan kandidat yang diusung Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Sebelumnya, dia juga menjabat sebagai Wakil Menteri untuk Urusan Internasional di Departemen Keuangan AS.

Baca Juga  Axa Bayarkan Klaim Untuk Korban Lion Air JT-610

Keputusan Bank Dunia yang ditetapkan pada Jumat (5/4/2019) tersebut, juga sudah memutuskan Malpass akan segera mulai menjalankan tugas barunya pada hari Selasa, tanggal 9 April 2019, ketika pelaksanaan Pertemuan Musim Semi Bank Dunia dan juga Dana Moneter Internasional (IMF).

Melansir juga dari Reuters, pada hari Minggu (7/4/2019), Malpass merupakan kandidat tunggal dalam bursa pemilihan Presiden Bank Dunia, usai dari Jim Yong Kim yang tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya pada awal bulan Januari dan efektif 1 Februari 2019. Berbeda dengan Kim, yang harus menghadapi dua pesaing dari Nigeria dan juga Kolombia ketika dia terpilih pada tahun 2012 lalu.

Baca Juga  Harga Minyak Turun 2 Persen Dibayangi Kekhawatiran Soal Permintaan

Dewan Bank Dunia mengatakan juga hanya ada sedikit minat dari negara maju untuk mengajukan kandidat, seperti Eropa, Jepang, ataupun dari negara dengan pasar berkembang seperti Cina dan juga Brasil.

Malpass juga sudah mengatakan, dia akan segera menjunjung tinggi komitmen bank untuk mengurangi kemiskinan di negara-negara termiskin. Selain itu juga dia mau berkomitmen untuk memerangi perubahan iklim, dan mengejar target peningkatan modal sebeesar USD13 miliar yang ditetapkan pada tahun lalu.

Baca Juga  31 Titik SPBU Sepanjang Tol Trans Jawa Sudah Disiapkan

Malpass juga kini menekankan, sangat perlunya memerangi kemiskinan ekstrem dan juga mau mendorong pertumbuhan untuk setiap peminjam, juga membangun ekonomi global yang lebih kuat lagi dan stabil untuk semua pihak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here