Catatan Pertumbuhan Kredit Bank Danamon pada Triwulan 1-2019

0

KabarUang.com, Jakarta – Pada triwulan I catatan kredit Bank Danamon mengalami pertumbuhan. Hal ini didukung oleh permintaan yang kuat dari masyarakat seperti pada “consumer mortgage”, kendaraan bermotor, “enterprise banking”, serta

“Kredit yang kami salurkan terus bertumbuh khususnya di sejumlah segmen bisnis, termasuk Consumer Mortgage, pembiayaan kendaraan bermotor, Enterprise Banking dan Perbankan UKM,”ujar Chief Financial Officer dan Direktur Bank Danamon Satinder Ahluwalia dalam pernyataannya di Jakarta, pada Selasa (23/04).


Beliau menyampaikan bahwa fortofolio kredit pada Consumer Mortgage tumbuh 27 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya atau menjadi Rp 8,3 triliun. Sementara pembiayaan kendaraan bermotor, penyaluran kredit Danamon melalui Adira Finance saat ini tumbuh 14 persen menjadi Rp 52,6 triliun.

Baca Juga  Libur Lebaran, Lonjakan Transaksi BRI Capai 22.72 Persen


“Pertumbuhan yang sehat ini didukung oleh pembiayaan kendaraan roda dua dan roda empat yang tumbuh masing-masing sebesar 14 persen hingga 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya,”tambahnya.


Pada segmen Enterprise Banking naik tujuh persen menjadi Rp 39,5 triliun. Segmen Enterprise ini mencakup perbankan korporasi, perbankan komersial, dan institusi keuangan. Segmen UMKM sendiri mencatatkan pertumbuhan sebesar enam persen menjadi Rp 31,1 triliun pada triwulan ke I-2019.

Baca Juga  BUMN Rogoh Rp100 Miliar Untuk Pulangkan Sebanyak 250.000 Pemudik


Bila ditinjau secara keseluruhan, Bank Danamon membukukan total portofolio kredit dan trade finance sebesar Rp 138 triliun pada triwulan 1-2019 atau tumbuh sebesar enam persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018. Sementara itu, Danamon juga turut mencatatkan kualitas aset yang sehat, dengan posisirasio kredit bermasalah (NPL) turun menjadi 2,8 persen, yang pada periode sebelumnya sebesar 3,2 persen.


Penerapan prosedur pegelolaan risiko yang pruden serta proses penagihan dan credit recovery dilakukan dalam upaya untuk mempertahankan kualitas aset.
Sementara untuk rasio kecukupan modal (CAR) Danamon yakni CAR konsolidasian dan CAR Bank-only masing-masing berada di posisi 22 persen dan 22,8 persen.

Baca Juga  Cara Buat Momen Ramadhan Makin Seru Tanpa Harus Boros

Giro dan tabungan (CASA) tumbuh dua persen menjadi Rp 50,9 triliun. Dengan rincian, rasio intermediasi makropudensial (RIM) berada pada posisi 96,4 persen, likuiditas Danamon juga terkelola dengan baik sehingga mendukung pertumbuhan kedepan. Pada tiga bulan pertama 2019, Danamon sudah membukukan laba bersih (NPAT) sebesar Rp 933 miliar.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here