BPTJ Awasi Arus Balik, Diprediksi 40% Pemudik Pakai Tol

0
Ilustrasi Prof Danang Parikesit via indonesiaraya co.id

KabarUang.com, Jakarta – Pemerintah juga telah memprediksi bahwa nantinya jumlah kendaraan yang akan melewati jalan tol pada mudik Lebaran tahun ini akan kian membeludak. Berdasarkan dari data Kementerian Perhubungan, pada mudik Lebaran nanti akan ada sebanyak 8,44 juta orang yang pulang kampung.

Dari jumlah tersebut sekitar 3,76 juta di antarannya menggunakan kendaraan atau juga mobil pribadi. Sementara sisanya yakni sekitar 4,68 juta diprediksi akan menggunakan transportasi umum seperti halnya bus.

Kepala Badan pengatur Jalan Tol atau yang disingkat dengan BPJT yakni Danang Parikesit telah mengatakan bahwa ada sekitar 40% diprediksi akan menggunakan jalan tol. Sementara untuk sisanya diprediksi akan menggunakan jalan arteri biasa atau bahkan ada yang kombinasi dengan menggunakan jalan arteri dan juga jalan tol secara bergantian.

Baca Juga  AirNav Sosialisasi Daerah Yang Kebiasaan Terbangkan Balon Udara Dikarenakan Membahayakan Penerbangan

“Dari data analisis tim Litbang Kementerian Perhubungan, 40% akan gunakan jaringan tol,” ujarnya di Kantor BPJT Jakarta, Senin (22/4/2019) seperti dikutip dari okezone com.

Menurut Danang, nantinya puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 31 Mei 2019. Pada puncak arus mudik itu juga diperkirakan akan dilalui oleh sebanyak 640.000 kendaraan yang menggunakan jalan tol.

Menurut Danang, memang pada tahun ini puncak arus balik akan menjadi perhatian khusus untuk pemerintah. Puncak arus balik pada hari Minggu yakni pada 9 Juni 2019.

Baca Juga  Sebanyak 28 Kapal Pencuri Ikan Di Tenggelamkan Menteri Susi Dalam Waktu 6 Bulan Pada Tahun 2019 Ini

“Pertimbangan arus balik menjadi perhatian kita sekarang karena memang jarak antara libur hari raya dengan periode kerja lebih pendek dibandingkan mudik. Pada saat mudik akan terdistribusi lebih besar,” kata Danang seperti dikutip dari okezone com.

“Karena itulah salah satu perhatian kita setelah sebelumnya perhatian kita pada saat mudik sekarang pada saat arus balik,” imbuhnya seperti dikutip dari okezone com.

Sementara itu jika dilihat dari indikator lainnya seperti melihat peak season dari total kendaraan harian yang menggunakan jalan tol, pada saat arus mudik diperkirakan jumlah kendaraan yang akan melalui jalan tol bisa mencapai sebanyak 102.000 kendaraan per harinya.

Baca Juga  Pembangunan SDM Perlu Ditingkatkan Lagi Untuk Indonesia Jadi Negara Maju Kata Jokowi

Sedangkan untuk arus balik akan lebih besar lagi dibandingkan dengan arus mudik. menurut Danang, jumlah kendaraan pada saat peak hour atau arus balik lebaran adalah mencapai sekitar 120.000 kendaraan per harinya.

“Kalau menggunakan peak hour 16% dari total harian. Peak hour angka 120.000 kendaraan untuk seluruh ruas jalan tol untuk arus balik. Kalau arus mudik 102.000,” jelasnya seperti dikutip dari okezone com.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here