Bendungan Paselloreng Akan Rampung Pada Bulan Juli 2019

0
Ilustrasi Bendungan Paselloreng via youtube com
KabarUang.com, Jakarta – Sepanjang tahun 2015 sampai 2019 ini, pemerintah menargetkan pembangunan sekitar 65 bendungan yang terdiri dari sekitar 49 bendungan baru dan juga 16 bendungan lanjutan. Salah satunya adalah Bendungan raksasa bernama Paselloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan yang akan segera rampung dalam waktu empat bulan lagi. Bendungan tersebut dikerjakan pemerintah sejak tahun 2015 lalu dan juga nantinya akan segera rampung dalam empat bulan lagi.

Baca Juga  Jokowi Bahagia Jagung Gorontalo Meningkat Pesat

Luas genangan Bendungan Paselloreng adalah sekitar 169 hektare dengan kapasitas tampung sebanyak 138 juta meter kubik. Bendungan tersebut sepuluh kali lebih besar dibandingkan Bendungan Raknamo di NTT yang ada sekitar 13,5 juta meter kubik, dan lima kali lebih besar dari Bendungan Kuningan di Jawa Barat yang ada 25 juta meter kubik.

Mengapa begitu besar? Provinsi Sulawesi selatan adalah sebagai lumbung pangan nasional. Di sana masih terdapat hamparan lahan persawahan di atas sekitar 3.000 hektare yang sudah sulit ditemui di daerah lain.

Baca Juga  Joko Widodo, Meninjau Penerapan Online Single Submission Atau Sistem Perizinan Satu Pintu

“Agar semakin produktif, kita harus memastikan ketersediaan air. Bendungan Paselloreng ini untuk mengairi sekitar 7.000 hektare sawah,” kata Jokowi, seperti dikutip dari akun instagramnya, Jakarta, Rabu (3/4/2019) seperti dikutip dari okezone com

Presiden juga menambahkan, selain Paselloreng, di Sulawesi Selatan kita sedang menyelesaikan pembangunan dua bendungan lain yaitu Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa dan juga Pamukkulu di Kabupaten Takalar, masing-masing berkapasitas sebanyak 40 juta dan 97,3 juta meter kubik.

Baca Juga  Dampak Bagasi Pesawat Yang Berbayar Bagi Inflasi

Kapasitas tampung Bendungan Passeloreng mencapai sebanyak 10 kali lebih besar dibandingkan Bendungan Raknamo yang diresmikan Presiden Jokowi awal tahun 2018 lalu sebesar 13,5 juta m3 dan juga lima kali lebih besar dari Bendungan Kuningan Jawa Barat yang berkapasitas 25 juta m3.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here