Bawaslu Rekomendasikan Pemilu Ulang, Kemenkeu: Tidak Ada Anggaran Tambahan untuk Pemilu Ulang

0
Ilustrasi Bawaslu via wikipedia org

KabarUang.com, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu atau yang disingkat dengan Bawaslu mengatakan bahwa pihaknya merekomendasikan pemungutan suara ulang di beberapa titik Tempat Pemungutan Suara (TPS). Akan tetapi, Kementerian Keuangan atau Kemenkeu sudah sangat memastikan bahwa pihaknya tidak memberikan anggaran tambahan untuk pemilu ulang tersebut.

Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani juga sudah menjelaskan, tidak ada penambahan anggaran untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), dikarenakan anggaran pemilu sudah dimasukkan dalam pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau yang disingkat dengan APBN tahun 2019.

“Kita memberikan pagu KPU untuk satu tahun dan itu mulai dari kegiatan operasional dan lapangan. Itu sudah diperhitungkan secara total, kalaupun ada pengulangan pemilihan, tidak perlu terlalu banyak dampak tambahan dari anggaran. Itu masih mencukupi dari pagu anggaran KPU,” ujar Askolani dalam konferensi pers di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (22/4/2019) seperti dikutip dari okezone com.

Baca Juga  5 Jajaran Bisnis Kuliner Burger Ini Milik Artis Ternama

Bahkan sudah menjelaskan juga bahwa pemerintah ini dalam menyusun anggaran setiap kementerian dan lembaga (k/l) telah memperhitungkan segela kebutuhan sepanjang tahun. Jika pada kemudian hari, terdapat kebutuhan lebih maka KPU diarahkan untuk menggunakan anggaran yang telah dirumuskan dalam APBN saja.

“Jadi dia bisa pakai pagu yang sudah ada. Minggu-minggu ini KPU akan evaluasi dan lihat apakah sampai kuartal III pagunya cukup apa tidak. Jadi belum ada usulan. Kalau ada kekurangan baru diusulkan di kuartal III. Kalau sekarang berdasarkan pandangan kami masih cukup,” kata Askolani seperti dikutip dari okezone com.

Baca Juga  Rupiah Anjlok Sampai Dekati Rp14.300/USD

Berdasarkan data dari Kemenkeu, dengan persiapan yang sudah berlangsung sejak tahun 2017, maka total anggaran pemilu hingga pada tahun 2019 berjumlah sebesar Rp25,7 triliun. Terdiri dari alokasi anggaran untuk persiapan awal di tahun 2017 sekitar yakni sekitar Rp 465,71 miliar.

Kemudian pada tahun 2018 alokasi mencapai Rp9,33 triliun. Selanjutnya di 2019 juga sudah menganggarkan dan ternyata mencapai sebesar Rp15,79 triliun.

Baca Juga  Menkeu Sri Mulyani Dukung Penandatangan Perang Dagang China dan AS

Sebelumnya juga Bawaslu merekomendasikan pemungutan suara ulang pada 38 TPS, sedangkan terdapat sebanyak 1.395 TPS berpotensi pemilu susulan. Hal ini juga disebabkan karena tidak terdistribusinya logistik Pemilu di berbagai TPS pada saat pemungutan suara Pemilu tahun 2019.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here