Apa Alasan WTO Untuk Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Perdagangan Dunia

0
Ilustrasi WTO via un org
KabarUang.com, Jakarta – Di tengah Konflik perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan juga China, Organisasi Perdagangan Dunia atau yang disingkat dengan WTO, kini kembali menurunkan pertumbuhan perdagangan tahun ini.

WTO juga menurunkan pertumbuhan perdagangan 1%, yang menjadi sekitar 2,6%, karena sengketa dagang antara Amerika dan juga China. WTO juga melihat pertumbuhan ekonomi yang melambat di Amerika Utara, lalu di Eropa, dan juga di Asia, yang sebagian besar disebabkan mulai pudarnya dampak stimulus keungan yang dijalankan pemerintah Trump.

Baca Juga  PT PLN Peroleh Kredit Sindikasi Bank Internasional Senilai 1, 62 Miliar Dolar AS

“Karena ketegangan perdagangan yang tinggi, tidak ada orang yang heran melihat kenyataan suram ini,” kata Direktur Jenderal WTO Roberto Azevedo seperti dikutip dari okezone com

Selain adanya sengketa dagang Amerika-China itu, WTO juga melihat pertumbuhan ekonomi yang melambat di Amerika Utara, lalu Eropa dan juga Asia, yang sebagian besar disebabkan mulai pudarnya dampak stimulus keuangan yang dijalankan oleh pemerintahan Trump.

Kata WTO, penurunan pertumbuhan perdagangan juga dikarenakan dihentikannya stimulus keuangan di Eropa serta usaha China mengalihkan perekonomiannya yang pada semula bergantung pada sektor manufakturing dan juga investasi, ke sektor jasa dan jasa konsumsi.

Baca Juga  Indonesia Akan Ambruk Karena Utang ? HOAX

Tahun 2018, perdagangan hanya tumbuh sekitar 3%, jauh di bawah perkiraan WTO yakni sebesar 3,9%, yang sebetulnya juga sudah diturunkan dari angka perkiraan pada tahun sebelumnya.

WTO juga tengah mengawasi peraturan perdagangan internasional dan juga akan menyelesaikan sengketa perdagangan antara negara, tapi pemerintahan Trump menuduh WTO itu tidak adil terhadap Amerika. Pemerintah Amerika juga secara bertahap menekan WTO dengan menghalangi pengangkatan sejumlah anggota yang ditugaskan dalam kelompok penyelesaian sengketa.

Baca Juga  KRL Siap Menemani Malam Pergantian Tahun Dengan Beroperasi Hingga Pukul 02.00 Pagi

Kata Azevedo penting untuk segera mempertahankan sistem perdagangan yang berdasarkan peraturan yang jelas, karena nantinya pelemahan sistem itu akan menjadi kesalahan besar yang berdampak banyak bagi pertumbuhan, bidang pekerjaan dan juga stabilitas di seluruh dunia. 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here