Apa Alasan Subsidi Energi Turun 20,3% di Kuartal I-2019 Ini Dia Penjelasannya

0
Ilustrasi Subsidi Energi Turun via medialokal co

KabarUang.com, Jakarta – Kementerian Keuangan atau yang disingkat dengan Kemenkeu juga telah mencatatkan realisasi belanja negara untuk subsidi energi sampai pada bulan Maret 2019 sebanyak Rp20,1 triliun. Angka ini juga dinyatakan turun sekitar 20,3% dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai sekitar Rp25,3 triliun.

Menurut pendapat Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani, realisasi subsidi selama 3 bulan pertama tahun ini memang sedikit melambat, karena jika menengok pada periode yang sama pada tahun lalu pemerintah kini akan melakukan pembayaran subsidi audit untuk tahun 2017.

Baca Juga  Menhub Mulai Kritisi Penjualan Tiket Kepulauan Seribu Masih Belum Online

“Subsidi energi lebih kecil disebabkan pada 2018, itu kita sudah melunasi kekurangan pelunasan subsidi hasil audit di tahun-tahun sebelumnya, baik PLN maupun Pertamina,” ujarnya di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (22/4/2019) seperti dikutip dari okezone com.

Secara lebih rinci lagi, subsidi energi pada kuartal I 2019 terdiri juga dari subsidi BBM dan LPG sebesar Rp 2,1 triliun dan juga subsidi listrik sebesar Rp8 triliun. Masing-masing subsidi ini juga tengah mengalami penurunan sekitar 22,7% dan juga 16,6% dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

Baca Juga  Akhir Pekan Ini Harga Emas Antam Naik Goceng

Menurut pendapat Askolani, pada tahun anggaran 2019 ini berjalan dan pemerintah belum melakukan pelunasan subsidi kepada PLN ataupun Pertamina. Pelunasan subsidi ini juga untuk penugasan penyediaan energi, baik listrik atau juga untuk BBM akan dilakukan pada kuartal II di tahun ini.

“Di 2019 ini kita belum ada pelunasan untuk kegiatan kurang bayar tersebut. Jadi masih betul-betul baseline kegiatan subsidi sampai Maret. Ada indikasi di 2019 kita juga akan lunasi, baik di kuartal II mungkin akan ada sedikit subsidi tambahan untuk kurang bayar di 2017 dan 2018,” jelas dia seperti dikutip dari okezone com.

Baca Juga  Minyak Mentah WTI Sentuh Level USD53,95 per Barel
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here