Akhirnya Indonesia Berhasil Jadi Negara Dengan Destinasi Wisata Halal

0
ilustrasi via apps phinemo com

KabarUang.com , Jakarta – Indonesia akhirnya berhasil menduduki peringkat teratas sebagai destinasi wisata halal populer di dunia tahun ini. Hal itu tercantum dalam studi Global Muslim Travel Index (GMTI) yang dilakukan oleh Mastercard-CrescentRating.
Indonesia bukan menjadi satu-satunya negara yang berada di peringkat utama, tapi juga bersama Malaysia. Sejak tahun lalu, Malaysia memang sudah bertengger di peringkat satu, sedangkan Indonesia berada di peringkat kedua.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan usaha Indonesia untuk menempati posisi pertama memang sudah direncanakan dan menjadi target pemerintah tahun ini. Ia mengklaim akses dan budaya pariwisata yang ada di Indonesia tak kalah dengan Malaysia. 
“Akses Indonesia tumbuh besar, dari segi komunikasi juga. Lalu Indonesia juga memiliki berbagai atraksi,” ungkap Arief, Selasa (9/4).
Berdasarkan catatannya, terdapat 1.260 atraksi dari berbagai budaya. Kemudian, ratusan wisata alam yang ramah terhadap Muslim dan ribuan situs warisan.
“Jadi kelemahan Indonesia tidak ada, kelemahannya tidak ada yang tahu saja,” imbuhnya.
Terlebih, ia mengklaim Indonesia lebih siap dibandingkan dengan Malaysia sebagai destinasi halal karena memiliki Indonesia Muslim Travel Index (IMTI). Salah satu program yang dibuat pemerintah untuk memperlihatkan peringkat destinasi di Indonesia yang ramah terhadap wisatawan Muslim.
“Lombok menjadi yang pertama di IMTI, wisata halal terbaik 2019,” kata Arief.
Dalam kesempatan yang sama, CEO CrescentRating dan HalalTrip Fazal Bahardeen mengatakan pencapaian Indonesia menduduki peringkat pertama tahun ini tak lepas dari upaya pemerintah dalam mengucurkan investasi di sektor pariwisata melalui pengembangan infrastruktur di berbagai daerah. 
“Setelah sebelumnya berada di tingkat kedua, sekarang nomor satu bersama dengan Malaysia dengan skor 78,” paparnya.
Sementara, negara yang masuk dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) lainnya, seperti Turki, Arab Saudi, Maroko, Oman, dan Brunei Darussalam juga masuk dalam 10 besar wisata halal terpopuler. Bahardeen menyebut negara-negara itu menawarkan destinasi ramah lingkungan terhadap wisatawan Muslim millennial.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Di Jabar, Sinergi BUMN Sambungkan Listrik Gratis Bagi Keluarga Tidak Mampu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here