Walt Disney Company Menyepakati Akuisisi 21st Century Fox Senilai USD71 Miliar

0
1
Ilustrasi Walt Disney via money com
KabarUang.com, Jakarta –  Walt Disney Company menyepakati akuisisi 21st Century Fox senilai USD71 miliar atau setara dengan Rp1.006 triliun. Akuisisi ini juga akan menyatukan sejumlah franchise termasuk Cinderella, The Simpsons, dan juga Star Wars dalam satu perusahaan untuk menciptakan raksasa media berskala luar biasa. Aksi korporasi ini juga menjadikan Disney sebagai raksasa hiburan untuk anak.

Secara langsung akuisisi ini dapat mengurangi jumlah berbagai studio Hollywood sekaligus mengakhiri era Big Six. Warner Bros, Universal, Sony Pictures, dan juga Paramount Pictures sekarang menjadi Big Fivebersama Disney. Kesepakatan akuisisi itu juga dilakukan setelah dini hari waktu New York pada Rabu (20/3).

Dengan langkah strategis ini, sejumlah aset 21st Century Fox akan segera berpindah tangan ke Disney. Aset dimaksud antara lain Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, ada juga Fox 2000 Pictures, kemudian Fox Family, dan juga Fox Animation. Selain itu, juga terdapat unit kreatif televisi Fox seperti Twentieth Century Fox Television, FX Productions; Fox21; FX Net – works; National Geographic Part ners; Fox Networks Group International; Star India; dan saham Fox di Hulu, Tata Sky, dan juga Endemol Shine Group.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Disney juga akan memasukkan studio televisi dan film Fox, jaringan FX, National Geographic dan juga raksasa televisi India, Star India, dalam kontennya. Akuisisi 21st Century Fox oleh Disney kali ini pun juga menambah rekam jejak kesuksesan Chairman dan Chief Executive Officer atau yang disingkat dengan CEO Walt Disney Company Robert Iger juga memimpin perusahaan itu. Dia pun mengungkapkan kebahagiaannya atas akuisisi monumental tersebut. 

Baca Juga  Ini 5 Fokus Kebijakan OJK di Pertemuan Tahunan Industri Jasa keuangan 2019
“Ini momen luar biasa dan bersejarah bagi kami. Satu yang akan menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan kami dan para pemegang saham kami,” ujar dia, dilansir The Guardian seperti dikutip dari okezone com

“Menggabungkan kekayaan konten kreatif Disney dan 21st Century Fox serta talenta yang telah teruji, menciptakan perubahan hiburan global ini pada posisi kuat untuk memimpin era yang sangat dinamis dan transformatif,” papar Iger seperti dikutip dari okezone com

Akuisisi yang dilakukan terhadap 21st Century Fox juga membuat Disney semakin percaya diri menantang Netflix pada pasar layanan streaming. Disney pun akan segera meluncurkan layanan streaming baru Disney. Sebelum akuisisi dilakukan, Disney telah berusaha mendorong katalog kontennya, termasuk berbagai kartun klasik, Star Wars, dan banyak karakter Marvel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here