Wall Street Menguat Diduga Perang Dagang AS-China Segera Berakhir

0
Ilustrasi Perang Dagang AS-China via finroll com
KabarUang.com, Jakarta – Kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat atau disingkat dengan AS-China segera mulai menemui titik terang. Diperkirakan perang dagang akan segera berakhir pada bulan ini. Sentimen akan berakhirnya perang dagang AS-China juga membuat Wall Street menguat pada perdagangan di awal pekan.

Melansir dari Reuters, di kawasan Jakarta, pada hari Senin (4/3/2019), optimisme berakhirnya perang dagang AS-China setelah adanya laporan yang mengatakan bahwa ternyata Presiden AS Donald Trump dan juga Presiden China Xi Jinping akan menandatangani pakta perdagangan resmi pada pertemuan puncak sekitar pada tanggal 27 Maret.

Baca Juga  Web Informasi Data Potensi Ekspor Tengah Diluncurkan Sri Mulyani

Kedua negara tampaknya sepakat dengan sebuah perjanjian yang akan menurunkan tarif AS atas barang-barang China senilai setidaknya sekitar USD200 miliar, karena Beijing membuat janji tentang perubahan ekonomi struktural dan juga akan menghapuskan tarif.

Saham-saham yang sensitif imbas perang tarif ini naik, seperti halnya Boeing Co dan juga Caterpillar masing-masing naik sekitar 0,7% dan juga sekitar 0,9%, sementara saham chip, seperti Intel Corp, Advanced Micro Devices Inc dan juga Micron Technology Inc naik masing-masing sekitar 1,1% dan 1,4%.

Baca Juga  Kantongi Pajak Rp90,6 Triliun Dari Apa?

Sementara itu, saham big caps yang disebut FAANG – Facebook Inc, dan Amazon.com Inc, Apple Inc, Netflix Inc dan juga Alphabet Inc juga naik antara 0,4% dan juga 0,9%.

“Ada anggapan bahwa ada beberapa kesepakatan yang bisa dicapai dengan China dan AS. Tapi pasar belum merayakannya karena kesepakatan itu belum terungkap,” kata Manajer Portofolio Senior Fort Pitt Capital Group Kim Forrest seperti dikutip dari okezone com

“Investor sekarang melihat bidang yang akan menguntungkan, seperti teknologi, karena mungkin ada beberapa penjualan di bidang itu yang telah ditunda,” ujarnya seperti dikutip dari okezone com

Baca Juga  Menteri Rini Ucapkan Pada Seluruh Bos BUMN Jangan Sombong Jika Capaian Banyak

Optimisme atas berakhirnya perang dagang juga didukung oleh sikap dovish Federal Reserve yang telah mendorong kenaikan kuat di saham, dengan benchmark S&P 500 naik sekitar 11,8% tahun ini dan sekitar 4,5% dari rekor penutupan tertinggi pada bulan September.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here